Kapan PNS Mulai WFA alias Bisa Kerja Dari Mana Saja? Ini Bocorannya...

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:27 WIB
ASN hingga PNS diwacankan akan menerapkan Work From Anywhere (WFA). (Istimewa)
ASN hingga PNS diwacankan akan menerapkan Work From Anywhere (WFA). (Istimewa)

HALUAN PADANG - Pemerintah mewacanakan work from anywhere (WFA) atau kerja dari mana saja bagi para pegawai negeri sipil (PNS). Lalu kapan PNS mulai WFA?

Kerja WFA baru bisa diterapkan setelah Menteri PANRB Tjahjo Kumolo mengeluarkan peraturan menteri (permen) mengenai aturan kerja dari mana saja tersebut.

Saat ini penyusunan permen sudah masuk tahap focus group discussion (FGD) dan pembahasan bersama kementerian lain, seperti Kementerian PPN/Bappenas, Lembaga Administrasi Negara (LAN), dan Kementerian Keuangan. Salah satu provinsi yang dilibatkan dalam pembahasan WFA ini adalah Pemprov Jawa Barat.

Baca Juga: Jangan Kecewa! ASN Berikut Tidak Boleh WFA

Meski terdengar sebagai tawaran yang menarik, ternyata tak semua PNS akan memperoleh kesempatan untuk WFA. WFA hanya berlaku bagi PNS yang memiliki tugas serta fungsi bersifat adminitratif.

Bagi PNS yang tugas dan fungsinya bersinggungan langsung dengan publik dan yang membutuhkan kehadiran fisik harus tetap work from office (WFO).

Hal dimaksudkan agar PNS yang bersinggungan langsung dengan publik, dapat memberikan pelayanan terlaksana dengan baik.

Beberapa contoh PNS yang tidak dapat WFA yakni pemadam kebakaran, satpol PP, tenaga medis, awak kapal patroli Bakamla dan pengawas perikanan KKP, Traffic Warden, Polisi Hutan, serta petugas pemasyarakatan Kumham. Jadi tidak semua PNS dapat melaksanakan WFA, karena perlu kajian yang mendalam dan komprehensif.

Baca Juga: Work From Anywhere, ASN Bakal Dibolehkan Kerja dari Mana Saja

Sementara itu, bagi setiap instansi harus memperhatikan jabatan pekerja yang masuk kriteria dapat di WFA kan. Sehingga hal ini tetap dapat menjamin tercapainya kinerja organisasi, efektifitas penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

X