Viral! Wisatawan Mengaku Dimintai Sejumlah Uang oleh Oknum Polisi Saat Berlibur ke Bukittinggi

- Kamis, 12 Mei 2022 | 19:46 WIB
Tangkapan layar video viral terkait tilang yang diduga dilakukan oleh Sat Lantas Polres Bukittinggi
Tangkapan layar video viral terkait tilang yang diduga dilakukan oleh Sat Lantas Polres Bukittinggi

HALUAN PADANG - Beredarnya video protes wisatawan di media sosial terkait proses penilangan yang dinilai tidak sesuai prosedur oleh Sat Lantas Polres Bukittinggi beberapa hari belakangan menuai pro dan kontra.

Salah satu video yang sempat viral adalah dari akun TikTok @putra06. Dimana dalam postingan tersebut pemilik akun merasa dimintai sejumlah uang oleh oknum polisi dengn menyertakan selembar surat tilang.

"Surat tilang apa ya seperti ini yang diberikan oleh Satlantas Polres Bukittinggi, malah diminta uang 300 (Rp300 ribu). Buat bapak Kapolres Bukittinggi tolong dong biar abdi negara kita tidak cap jelek oleh warganya," ujar pemilik akun.

Baca Juga: Paket Besar Sabu Diganti Garam, Warga Padang Disandera di Bungo Jambi

Video tersebut mulai beredar setelah dibagikan pada Kamis 5 Mei 2022 lalu. Saat ini telah disukai sebanyak 5.573 kali, dikomentari sebanyak 623 kali dan dibagikan sebanyak 129 kali.

Menanggapi pernyataan wisatawan tersebut, Kasat Lantas Polres Bukittinggi, AKP Gandha Novidiningrat mengaku akan mendalami kasus tersebut.

Ia menegaskan akan menindak anggotanya jika memang ditemukan ada pelanggaran prosedur dalam menjalankan tugas di lapangan.

Selain itu, dirinya menjelaskan bahwasanya tidak dibenarkan jika ada pelanggar yang membayar denda di tempat, kecuali dalam situasi tertentu seperti operasi gabungan.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Pembangunan Gedung Kebudayaan Sumbar, Kejari Padang akan Minta Keterangan Ahli

"Denda tilang ditempat itu tidak ada. Kecuali kalau ada giat gabungan dengan instansi lain. Pembayarannya juga melalui BRI," tuturnya, Kamis 12 Mei 2022.

Halaman:

Editor: Tio Furqan

Tags

Terkini

X