Ternyata Ini Rencana Besar Elon Musk Investasi di Indonesia

- Rabu, 11 Mei 2022 | 08:50 WIB
Elon Musk dan Luhut
Elon Musk dan Luhut

 

 

HALUAN PADANG - Pertemuan Elon Musk dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyisakan banyak pertanyaan bagi masyarakat Indonesia. Untungnya, Septian Hario Seto selaku Deputi Investasi dan Pertambangan Kemenko Marves memberikan bocoran kalau respons Elon dan Tesla cukup baik dengan pertemuan tersebut dan berencana mengirimkan tim mereka ke Indonesia untuk melihat potensi kerja sama.

"Pemerintah maunya kerja sama akan win-win dan itu adalah bottom line buat kita," tegas Hario.

Jalan tengah ini masih terus dicari untuk kerja sama Tesla, pasalnya di beberapa negara seperti Jerman dan China, Tesla menguasai sepenuhnya perusahaan meski tidak berada di Amerika Serikat (AS). Sementara Hario juga menjelaskan kalau di Indonesia harus kerja sama dengan perusahaan lokal.

"Nanti perlu dibicarakan bagaimana pola kerja samanya, apalagi ini investasi besar dan terus berproses. Saat ini sudah makin mengerucut feedback, baik keinginan mereka, dan juga keinginan kita," ungkap Hario.

Baca Juga: Terlihat Kompak! Anies Baswedan Unggah Momen Tertawa Bersama Ganjar Pranowo di Bali

Namun Hario menjelaskan kalau pemerintah berharap agar Tesla setidaknya bawa investasi untuk baterainya pada tahap pertama dan dalam jangka menengah pemerintah bisa membujuk Tesla soal pabrik mobil.

"Pada 2021 penjualan Tesla mencapai 900 ribu dan menguasai market share. Tahun ini pasti lebih dari 1,5 juta dan itu luar biasa. Akan sangat baik jika Tesla berada di Indonesia dengan ESG mereka sehingga pengolaan nikel Indonesia juga bisa lebih dipercaya," ungkap Hario.

Pertemuan Elon-Luhut yang viral menjadi salah satu upaya pemerintah untuk meyakinkan Tesla melihat potensi investasi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: CNBC Indonesia

Tags

Terkini

X