Alhamdulillah, Indonesia Sudah Bertransisi ke Endemi Covid-19

- Selasa, 10 Mei 2022 | 22:42 WIB
Lebaran kembali indah.
Lebaran kembali indah.

HALUANPADANG.COM - Kasus covid-19 cenderung bisa dikendalikan, maka saat ini Indonesia sudah bertransisi dari pandemi covid-19 menjadi endemi.

Juru bicara pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kesadaran dan disiplin masyarakat untuk menjaga diri dari penularan dan tertularnya virus covid-19 menjadi kuncinya.

"Bisa dikatakan bahwa saat ini, Indonesia sudah tidak berada dalam kondisi kedaruratan dalam respons pandemi covid-19 dan mulai bertransisi menuju fase endemi," kata Wiku dalam keterangan persnya, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: Inkonstitusional! Perludem: Pemerintah Jangan Angkat TNI/Polri Aktif Pj Kepala Derah

Wiku mengatakan kondisi itu tercermin pada besar efek covid-19 terhadap perilaku sosial dan ekonomi masyarakat. Misalnya, pertumbuhan ekonomi meningkat, angka pengangguran menurun, indeksi belanja meningkat dan mobilitas masyarakat keluar rumah.

"Sebagaimana yang tertera pada data covid-19 kini, nampak adanya penurunan angka kasus, perawatan di rumah sakit termasuk layanan intensif, dan kematian," ujar dia.

Wiku mengingatkan kondisi yang terkendali bukan berarti pengendalian pandemi covid-19 tidak dilakukan. Namun, pengendalian beserta pengawasan akan tetap dijalankan dengan bentuk yang harus menyesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi terkini.

Baca Juga: Libas Timor Leste 4-1, Timnas Indonesia Berpeluang ke Semifinal SEA Games

Pemerintah tidak ingin gegabah. Upaya pertahanan yang dilakukan berbulan-bulan pascalonjakan kasus terakhir diharapkan dapat bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

"Maka PPKM pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih tetap diberlakukan sebagai instrumen pengendalian covid-19 yang secara fakta mampu mengendalikan kenaikan kasus dan mempertahankan hingga saat ini," tegas dia.

Dia menambahkan presentase kesembuhan harian di seluruh provinsi juga mengalami kenaikan. Bahkan per 22 April 2022, presentase kesembuhan di seluruh Indonesia lebih dari 90 persen.

"Presentase kesembuhan tertinggi di DKI Jakarta sebanyak 98,7 persen, Jawa Barat 98,4 persen, Sumatra Utara 97,8 persen," lanjutnya. (*)

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X