Vaksin Covid-19 Picu Hepatitis Misterius? Begini Penjelasan Kemenkes

- Jumat, 6 Mei 2022 | 14:14 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

Haluanpadang.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes), membantah kabar viral yang menyebutkan penyakit Hepatitis  Misterius pada anak  diduga karena dipicu oleh vaksinasi Covid-19 pada anak.

Bantahan Kemenkes itu  disampikan oleh Lead Scientist untuk kasus itu, dr. Hanifah Oswari  dalam keterangan pers secara virtual di Jakarta.

“Kejadian Hepatitis  Misterius pada anak yang dihubungkan dengan vaksin Covid-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi Covid-19,” kata dia sebagaimana dikutip dari pikiran-rakyat.com, Jumat (6/6/2022).

Baca Juga: Tertangkap! Ini Dia Wajah Tukang Palak Pengujung di Pantai Padang

Dijelaskan dr. Hanifah, hingga saat ini belum ada bukti yang menunjukkan adanya kaitan penyakit Hepatitis  Misterius pada anak yang belum diketahui penyebabnya dengan virus Covid-19 melainkan adanya kejadian yang koinsiden (bersamaan).

Dia mengatakan, saat ini pemerintah tengah menerapkan beberapa solusi dalam mengatasi perjalanan penyakit hepatitis, terutama dalam peningkatan kewaspadaan, pencegahan, dan pengendalian Infeksi hepatitis akut pada Anak.

Dia mengatakan, langkah yang dilakukan saat ini di antaranya mengeluarkan Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/2515/202.

Baca Juga: Bantu Musibah Kebakaran Kapal Perikanan Cilacap, Begini Gerak Cepat Menteri Trenggono

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X