PB IDI Bantah Kasus Hepatitis Misterius Akibat Vaksin Covid-19

- Rabu, 4 Mei 2022 | 20:53 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Haluan Padang - Kasus Hepatitis Miterius yang membuat 3 anak meninggal dunia di Jakarta dibantah oleh Kementerian Kesehatan melalui PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), akibat Vaksin Covid-19. Bantahan ini resmi dikeluarkan pada Rabu (4/5/2022) setelah banyak isu miring yang mengkaitkan Hepatitis misterius ini dengan Vaksin Covid-19.

Bahkan penyebab dari hepatitis misterius ini masih belum diketahui. Dimana hasil laboratorium di beberapa luar negeri yang mengambil sampel dari warga negaranya juga belum mendapatkan hasil.

Baca Juga: 6 Cara Pencegahan Hepatitis Misterius yang Diduga Sebabkan 3 Anak Meninggal

Ketua Satgas COVID-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Zubairi Djoerban mengatakan kasus hepatitis misterius yang saat ini mewabah di sejumlah negara tidak ada kaitannya dengan vaksin COVID-19.

"Hipotesis ini tidak didukung data, karena sebagian besar anak-anak yang terkena hepatitis misterius ini justru belum menerima vaksinasi COVID-19," imbuhnya dikutip akun Twitter @ProfesorZubairi, Rabu (4/5/2022).

Baca Juga: Mengenal Vaksin HPV Yang Diwajibkan Pemerintah Untuk Wanita Usia Diatas 12 Tahun

Zubairi menilai, kasus hepatitis ini harus ditangani serius karena menyerang bayi berusia satu bulan hingga remaja 16 tahun.

"Amat serius, karena beberapa anak meninggal. Bahkan di Inggris, 10 dari 145 pasien dengan hepatitis akut ini memerlukan transplantasi hati," ujar Zubairi.

Sampai saat ini para ahli tengah menyelidiki penyebab hepatitis akut misterius tersebut.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X