Diduga Akibat Arus Pendek, Ribuan Ayam Mati Terpanggang di Halaban

- Selasa, 22 Maret 2022 | 19:19 WIB

Haluan Padang - Sebuah Kebakaran di areal kandang ayam terjadi di Jorong Kampai, Nagari Sitanang, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota, Senin (21/3/2022). Kebakaran tersebut menghanguskan satu kandang ayam petelur, sekaligus ribuan ayam didalamnya.

Hal ini dibenarkan oleh Walinagari Sitanang, Hardison Dt Tulahir kepada Haluan Padang saat dikonfirmasi melalui seluler, Selasa (22/3/2022).

"Ya, ada kebarakan kandang ayam kemaren di Jorong Kampai. Ribuan ayam mati terpanggang. Diduga karena arus pendek," ucap Hardison.

Baca Juga: Wagub Sumbar Serahkan Bantuan untuk Korban Kebakaran di Tanjung Raya Agam

Dijelaskannya saat percikan api muncul, langsung mengenai gasolec (bahan untuk menghangatkan kandang ayam-red). Alhasil, api dengan cepat membesar dan menyebar ke seluruh kandang ayam.

"Ya karena cepat menyebar dan membakar, tidak ada satupun ayam yang berhasil diselamatkan," katanya.

Di antara ribuan ayam yang ikut terbakar tersebut, terdapat beberapa yang berumur sekitar 3 hari sehingga harus menggunakan penghangat kandang.

Baca Juga: Kronologis Kebakaran Mobil Penumpang di Jalan Lintas Solok-Padang

“Karena apinya yang kelihatan di atas, di plafon kandang, kemudian merembet ke bawah. Di bawah, ada gasolec 50 kg. Jadi, setelah tabung gas ini dapat oleh api, itu menjadi penyebab api merembet ke tempat yang lain,” tutur Hardison.
 
Diperkirakan, kerugian ditaksir sekitar Rp 1 Miliar akibat kebakaran ini. Selain menghanguskan kandang ayam, setidaknya 10 ribu ekor anak ayam mati hangus, ditambah lagi 4 ribu ekor ayam petelur.
 
Menurut Hardison, selain menimbulkan kerugian bagi warga pemilik peternakan, musibah itu juga menimbulkan kerugian bagi karyawan peternakan yang notabene juga merupakan warga Sitanang,

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X