Terkendala Bayar UKT, Puluhan Mahasiswa Unand Demonstrasi di Rektorat

- Kamis, 17 Maret 2022 | 16:08 WIB
Puluhan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) mengadakan demonstrasi di depan gedung rektorat Universitas Andalas.
Puluhan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) mengadakan demonstrasi di depan gedung rektorat Universitas Andalas.

HALUANPADANG - Puluhan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) mengadakan demonstrasi di depan gedung rektorat Universitas Andalas, menuntut keringanan pembayaran biaya kuliah, Kamis (17/3/2022).

Aksi tersebut dimotori Aliansi Mahasiswa Peduli Unand (AMPU), dilatarbelakangi adanya beberapa mahasiswa yang masih terkendala membayarkan uang kuliah tunggal (UKT) karena tidak lolos Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

"Kami meminta keringanan pembayaran biaya kuliah dalam bentuk perpanjangan jangka waktu pembayaran hingga selesai masa studi bagi seluruh mahasiswa yang tidak lulus KIP-K dan terkendala dalam melakukan pembayaran UKT atau pembangunan institusi (PI)," ucap perwakilan aliansi, Bayu Fadli Irmawan.

Baca Juga: Aturan UKT Unand Dinilai Mencekik, Mahasiswa Minta Rektor Berikan Solusi

Lebih lanjut, para mahasiswa menuntut Unand memberikan jaminan kepada mahasiswa yang terkendala membayar uang kuliah tersebut agar dapat mengikuti perkuliahan tanpa terkendala apapun, termasuk persoalan administrasi.

"Kami juga menuntut adanya komitmen dari Unand dalam pelaksanaan tuntutan ini dalam bentuk Surat Keputusan (SK) Rektor," ucap Bayu.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unand Prof. Yuliandri menyambut para mahasiswa di depan gedung rektorat serta menanggapi tuntutan, menyebut akan memfasilitasi para mahasiswa yang terkendala membayar UKT agar tetap bisa kuliah.

Baca Juga: Buntut Pedagang Kaki Lima Tidak Boleh Jualan di Areal Kampus, Puluhan Pedagang Tertahan di Gerbang Unand

"Mahasiswa tetap bisa belajar. Seperti yang saya sampaikan, tidak ada alasan berhenti kuliah karena tidak ada uang," ucapnya.

Untuk memenuhi tuntutan meringankan biaya kuliah, ia meminta data dan dokumen lengkap dari para mahasiswa yang terkendala membayar kuliah.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Supardi : Pencak Silat Sebagai Warisan Budaya Bangsa

Selasa, 6 September 2022 | 23:55 WIB
X