Buntut Pedagang Kaki Lima Tidak Boleh Jualan di Areal Kampus, Puluhan Pedagang Tertahan di Gerbang Unand

- Jumat, 4 Maret 2022 | 14:50 WIB
Sejumlah pedagang kaki lima yang biasa berjualan di areal kampus Unand tertahan di gerbang akibat tidak diperbolehkan masuk oleh petugas
Sejumlah pedagang kaki lima yang biasa berjualan di areal kampus Unand tertahan di gerbang akibat tidak diperbolehkan masuk oleh petugas

Haluan Padang - Sejumlah pedagang tertahan di gerbang kampus Universitas Andalas karena tidak diperbolehkan masuk oleh satuan Pengamanan (Satpam), Jumat (4/3/2022). Pelarangan masuk tersebut dilakukan setelah keluarnya Surat Edaran 19/UN16.WR2/RT/2022 perihal penataan dan penertiban pedagang kaki lima oleh Rektorat tanggal 1 Maret 2022.

Surat Edaran yang mengatur tata kelola pedagang tersebut, bakal melarang pedagang yang berjualan di lorong gedung perkuliahan, perkantoran, pinggir jalan, taman, trotoar dan area parkir Kampus Unand.

Pantauan Haluan Padang, pedagang sempat memprotes surat edaran tersebut kepada satpam yang berjaga di gerbang kampus. Namun, beberapa orang Satpam tidak bisa menjawab protes tersebut karena harus menjalankan aturan yang berlaku di kampus Unand.

Baca Juga: Unand bakal Tertibkan Pedagang Kaki Lima Demi Keasrian Kampus, Mahasiswa Protes

Dengan adanya aturan baru ini, sejumlah pedagang berencana bakal menemui Rektor atau Wakil Rektor II Unand untuk meminta kejelasan aturan baru ini. Pasalnya, aturan tersebut dinilai sepihak dan tidak pernah mengajak pedagang untuk berdiskusi terlebih dahulu.

""Sekarang ada kendala dan belum ada solusinya. Rencananya akan mencari solusi itu untuk menghadap Rektor atau Wakil Rektor II, bagaimana solusinya," ujar Anjang, salah satu pedagang kaki lima pada Haluan Padang

Dengan adanya aturan baru ini, Anjang dan pedagang lain terancam tidak bisa lagi mencari hidup. Apalagi sejumlah pedagang langsung terputus mata pencahariannya.

"Masalahnya kami bukan sehari dua hari sudah jualan, sudah puluhan tahun, kami jualan di kampus ini turun temurun. Itu yang kami sayangkan, kampus memutuskan sepihak," ujarnya.

Baca Juga: Dua Spesialis Pencuri Kabel PT KAI Dibekuk Polsek Pauh, Pernah Beraksi di Kampus Unand dan PPI Indarung

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wow Ada 19,7 Juta Nasabah Aktif Pegadaian

Jumat, 18 November 2022 | 17:59 WIB

Cukup Titip Logam Mulia Dapatkan Porsi Haji

Jumat, 18 November 2022 | 17:48 WIB

DPRD Sumbar Mulai Bahas Empat Ranperda Baru

Rabu, 2 November 2022 | 19:09 WIB

Terpopuler

X