Mahfud MD: Pengukuran Lahan di Desa Wadas Akan Berlanjut

- Rabu, 9 Februari 2022 | 19:57 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD


HALUAN PADANG- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pengukuran lahan di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, akan tetap berlanjut. 

Pengukuran lahan di Desa Wadas itu dilakukan dalam rangka penambangan batu andesit dan pembangunan proyek strategis nasional Bendungan Bener.

"Kegiatan pengukuran tanah oleh petugas dari Kanwil BPN akan tetap dilanjutkan dengan pendampingan pengamanan yang terukur melalui pendekatan yang persuasif dan dialogis," kata Mahfud dalam konferensi pers daring, Rabu (9/2/2022).

Baca Juga: Desa Wadas Mencekam, Mahfud MD: Situasi Tenang dan Damai, Warga yang Ditangkap Sudah Dilepaskan

Adapun tahapan kegiatan perencanaan penambangan batu andesit di Desa Wadas sudah dikoordinasikan dengan Komnas HAM. 

Mahfud MD tak menampik terjadi gesekan saat pengukuran lahan. Katanya, berdasarkan keterangan Komnas HAM, intimidasi memang terjadi saat pengukuran tanah di Desa Wadas. Namun, intimidasi bukan dilakukan oleh aparat kepolisian, melainkan antara warga Wadas yang pro kontra.

"Yang saya peroleh dari keterangan Komnas HAM memang terjadi intimidasi di masyarakat sendiri yang melibatkan dua kelompok warga yang pro dan kontra," ujarnya.

"Gesekan itu hanya ekses dari kerumunan warga masyarakat sendiri yang terlibat pro kontra atas rencana pembangunan, dan Polri hanya melakukan langkah-langkah pengamanan dalam gesekan antarwarga," tambahnya.

Baca Juga: Desa Wadas Dikepung Aparat, Ternyata Ini Limpahan Kekayaan Bumi di Desa Wadas

Mahfud MD menyebut pembangunan proyek Bendungan Bener demi kepentingan warga Wadas sekitar, salah satunya untuk mengairi lahan pertanian sekitar 15 ribu hektare.

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X