Desa Wadas Mencekam, Mahfud MD: Situasi Tenang dan Damai, Warga yang Ditangkap Sudah Dilepaskan

- Rabu, 9 Februari 2022 | 19:04 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD

HALUAN PADANG- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menanggapi terkait kondisi di Desa Wadas. Ia membantah informasi maupun pemberitaan terkait situasi mencekam Desa Wadas, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, saat aparat polisi mengawal tim pengukur lahan tambang batuan andesit untuk Bendungan Bener.


"Semua informasi dan pemberitaan yang menggambarkan seakan-akan terjadi suasana mencekam di Desa Wadas kemarin itu sama sekali tidak terjadi sebagaimana yang digambarkan terutama di media sosial," kata Mahfud MD dalam keterangan pers, Rabu 9 Februri 2022.


Mahfud MD mengklaim kondisi terkini Desa Wadas tenang dan damai. Bagi pihak yang tak percaya, ia mempersilakan untuk datang langsung ke desa Wadas.

Baca Juga: Komnas HAM Sesalkan Aksi Kekerasan, Minta Polri Tarik Aparat di Desa Wadas


"Yang tak percaya boleh ke sana, siapa saja, itu terbuka tempat itu," ujarnya.


Terkait penangkapan warga, Mahfud MD mangatakan seluruh warga Wadas yang ditangkap aparat sudah dibebaskan dan sudah kembali ke keluarga masing-masing.


"Situasi kondisi Desa Wadas, sekarang ini normal dan kondusif, seluruh warga yang kemarin sempat diamankan di Mapolres Purworejo sudah dilepaskan semuanya, sehingga saat ini semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing, sama sekali tidak ada korban," katanya.

Baca Juga: Desa Wadas Dikepung Aparat, Ternyata Ini Limpahan Kekayaan Bumi di Desa Wadas


Sebelumnya, Desa Wadas dikepung aparat kepolisian pada Selasa (8/2) kemarin, dengan senjata lengkap dikerahkan untuk mengawal tim pengukuran lahan untuk proyek Bendungan Bener, Purworejo, Jawa Tengah. Namun, warga Wadas menolak proyek Bendungan Bener dan kedatangan pasukan aparat. Penolakan itu berujung penangkapan puluhan warga. Situasi mencekam itu beredar di media social.

Halaman:

Editor: Juni Fitra Yenti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X