Program Merdeka Belajar oleh Kemendikbud Dipertanyakan DPR

- Jumat, 28 Januari 2022 | 08:08 WIB
Mendikbudristek Nadiem Makarim/ foto: Tribunews
Mendikbudristek Nadiem Makarim/ foto: Tribunews

HALUAN PADANG- Program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makariem dipertanyakan sejumlah anggota Komisi X DPR.

Program magang dengan uang saku untuk mahasiswa itu dikritik karena dinilai belum mengayomi seluruh program studi kuliah di perusahaan dan kementerian yang dituju.

Menurut anggota KomisiX DPR Fraksi PDIP Andreas Hugo Pareira, program MBKM belum bisa diikuti oleh semua mahasiswa akibat masalah akses.

Baca Juga: Keluarga Napi Yang Tewas Gantung Diri Di Lapas Lubuk Basung Minta Jenazah di Autopsi

Sebelumnya, Ditjen Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Prof Nizam menjelaskan kemungkinan semua mahasiswa mempunyai akses yang sama.

Hal ini dipertanyakan oleh Andreas, ia meminta jaminan bagaimana seluruh mahasiswa mempunyai akses yang sama.

"Karena saya lihat di daerah-daerah mau ikut program ini terhalang," katanya yang dikutip dari CNN Indonesia, Jumat (28/1).

"Ini soal akses tadi, Pak. Saya kira ini satu hal yang perlu agar program ini mempunyai aspek keadilan, tidak hanya di atas kertas tapi juga ini terjadi," sambung dia.

Kritik juga disampaikan anggota dari Fraksi PDIP lainnya, Esti Wijayati. Menurut dia, Kemendikbudristek masih belum menghapuskan keraguan ihwal mahasiswa yang ingin ikut MBKM dengan lintas jurusan.

Baca Juga: SM Umumkan NCT Dream akan Comeback, Catat Waktunya!

Halaman:

Editor: Nuraini

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Terkini

X