Keluarga Napi Yang Tewas Gantung Diri Di Lapas Lubuk Basung Minta Jenazah di Autopsi

- Kamis, 27 Januari 2022 | 18:26 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Haluan Padang - Pihak keluarga Syafrizal alias Poron yang meninggal dunia di Lapas Lubuk Basung pada Senin (10/1/2022) masih belum menerima kepergian almarhum. Adanya tanda-tanda kekerasan yang ditemukan oleh pihak keluarga di tubuh Poron saat memandikan jenazah, menjadi alasan untuk menaruh kecurigaan adanya dugaan penganiayaan.

Untuk mengungkap hal tersebut, pihak keluarga meminta agar dilakukan autopsi kepada jenazah almarhum guna mengetahui sebab kematian Poron.

Keinginan ini disampaikan langsung Adrizal, selaku PJ Trial LBH Padang yang merupakan salah satu kuasa hukum keluarga Poron.

Baca Juga: PBHI Minta Komnas HAM Selidiki Kasus Napi Gantung Diri di Lapas Lubuk Basung

"Tanggal 15 Januari 2022 silam, kami sudah membuat pengaduan ke Polres Agam terkait adanya kejanggalan yang ditemukan di tubuh almarhum Poron. Kemudian tanggal 25 Januari 2022 kami datangi lagi Polres Agam dan mengajukan permintaan Autopsi," kata Adrizal kepada Haluan Padang, Kamis (27/1/2022).

Ia juga mengatakan dasar pihak keluarga meminta Autopsi ini karena adanya menemukan tanda-tanda kekerasan fisik di tubuh Poron saat jenazahnya dimandikan. Kemudian usai diberitahu Poron meninggal dunia di dalam Lapas, pihak keluarga tidak diperbolehkan melihat kondisi sel tempat Poron meninggal.

Kemudian, pihak keluarga merassa curiga saat dipaksa untuk menyelesaikan administrasi penyerahan jenazah yang terkesan buru-buru. Didalam administrasi tersebut juga ada surat yang menerangkan keluarga tidak bersedia jenazah Poron divisum.

Baca Juga: Keluarga Napi Yang Gantung Diri Di Lapas Lubuk Basung Curhat Ke Komnas HAM, Sebut Ada Yang Janggal

"Karena keluarga korban tidak mengerti persoalan administrasi, mereka tanda tangan saja surat pernyataan untuk tidak divisum tersebut. Jadi ini menjadi dasar kecurigaan pihak keluarga dan meminta agar jenazah untuk segera di autopsi guna membuka tabir kematian korban," ucap Adrizal.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X