BINDA Sumbar Kembali Laksanakan Vaksinasi Covid-19 ke Ribuan Warga di Lima Wilayah

- Kamis, 27 Januari 2022 | 13:19 WIB
BINDA Sumbar kembali melaksanakan vaksinasi covid-19  di lima wilayah dengan target sasaran sebanyak 8.500 penerima. (Dok: BINDA)
BINDA Sumbar kembali melaksanakan vaksinasi covid-19 di lima wilayah dengan target sasaran sebanyak 8.500 penerima. (Dok: BINDA)



HALUAN PADANG – Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatera Barat Hendra menyebutkan, pihaknya dan otoritas terkait lainnya kembali melaksanakan program vaksinasi massal di lima wilayah, Kamis (27/1).

Hendra menjelaskan, kelima wilayah tersebut antara lain Kota Sawahlunto, Kota Padang, Kabupaten Solok, Tanah Datar dan Kabupaten Pesisir Selatan. Target sasaran penerima kali ini sebanyak 8.500 penerima.

“Kita (BINDA) dengan instansi terkait lainnya, hari ini Kembali melaksanakan program vaksinasi massal. Target sasaran kita hari ini sebanyak 8.500 penerima yang tersebar di lima wilayah,” kata Hendra.

Baca Juga: Perdana, BINDA Sumbar Launching Dosis Booster di Kota Sawahlunto, Sasar Kepala Desa dan Pengurus Mesjid

Hendra menambahkan, selain vaksinasi untuk masyarakat umum dan lansia, pihaknya juga melakukan vaksinasi untuk penerima kategori kelompok 6 hingga 11 tahun. Khusus pada kelompok ini, dilaksanakan di Kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar.

“Khusus untuk penerima kelompok 6 hingga 11 tahun ini, kita adakan di kota Sawahlunto dan Kabupaten Tanah Datar karena program vaksinasi untuk kelompok ini baru dimulai, kita coba gencar sosialisasi di samping juga memberikan vaksinasi dosis pertama untuk yang sudah terdaftar, ” ujar Hendra.

Baca Juga: Cegah Covid-19, BINDA Sumbar Ajak Warga Vaksin Demi Tingkatkan Imun Tubuh

Lebih lanjut Hendra menyebutkan, meski program vaksinasi untuk dosis pertama sudah melampaui 70 persen, pihaknya terus mengejar target capaian dosis kedua yang secara keseluruhan kini baru menyentuh angka 48.54 persen.

“Pun dengan suntikan booster atau dosis ketiga untuk kelompok rentan seperti lansia juga dilakukan. Booster, diprioritaskan untuk lansia dulu. Jika ada yang masuk kategori dan ingin disuntik booster, akan kita fasilitasi. Yang jelas, kita akan terus mengejar target capaian vaksin untuk dosis kedua,” ujar Hendra lagi.

“Pak Presiden Joko Widodo juga sudah menginstruksikan untuk memberikan suntikan Booster untuk kelompok rentan dan masyarakat umum. Juga, untuk kelompok pelajar dan penerima diusia 6 sampai 11 tahun. Ini yang akan kita kejar juga,” kata Hendra.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, BINDA Sumbar Terus Genjot Vaksinasi, Ribuan Anak-Anak dan Lansia Jadi Sasaran

Hendra menegaskan, BINDA selaku salah satu penyelenggara untuk mensukseskan program vaksinasi yang digagas Pemerintah, Kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menyaring setiap informasi yang berkaitan dengan vaksinasi ini.

Menurut Hendra, meski program vaksinasi sudah lama berjalan dan terbukti aman, disinformasi atau kabar hoaks yang beredar di media sosial masih sangat banyak. Jika masyarakat masih ragu dan ingin mengetahui lebih dalam terkait dengan vaksin ini, maka bisa mendatangi gerai vaksin yang ada atau Puskesmas terdekat.

“Khusus untuk vaksinasi kelompok 6 hingga 11 tahun, berdasarkan informasi yang kita himpun, masih banyak orang tua yang enggan anaknya divaksin. Yang masih belum mengizinkan anaknya divaksin, mungkin saja memiliki kekhawatiran akan dampak yang timbul. Nah, ini bisa ditanyakan ke Puskesmas terdekat atau vaksinator. Jadi, bisa diberikan penjelasan lebih dalam lagi,” tutup Hendra

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X