Omicron Masuk Sumbar, Berikut 4 Saran dari dr. Andani Eka Putra

- Kamis, 27 Januari 2022 | 09:19 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (istimewa)
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron (istimewa)

HALUAN PADANG - Virus Covid-19 varian Omicron terdeksi di Sumatera Barat pada Kamis, 27 Januari 2022. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh dr. Andani Eka Putra.

Melalui pesan tertulis yang diterima Haluan Padang, dr. Andani selaku Kepala Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand menjelaskan ada 15 sampel positif Covid-19 yang ditenggarai sebagai varian Omicron.

"Pagi ini kita sdh menguji 31 sampel positif, dan hasilnya 15 sampel omicron atau 48% dari total populasi, saya memperkirakan 48% populasi Covid-19 kita adalah omicron," terang dr. Andani dalam keterangan tertulis yang diterima Haluan Padang pada, Kamis, 27 Januari 2022.

Baca Juga: 14 Sampel Positif Covid-19 Asal Sumbar Terdeteksi Sebagai Varian Omicron

Dalam pesan tertulisnya, dr. Andani juga menyampaikan sejumlah saran kepada pihak terkait untuk mengantisipasi lonjakan varian Omicron.

Yang paling penting pertama kali menurut dr. Andani adalah terus meningkatkan vaksinasi kepada masyarakat.

"Kita tdk perlu panik, karena peningkatan vaksinasi menyebabkan klinis tidak terlalu berat, namun kita harus tetap waspada mengingat banyak lansia yg belum lengkap vaksinnya," terang dr. Andani.

Baca Juga: BREAKING NEWS: Omicron Terdeteksi di Sumatera Barat, Masyarakat Diimbau Jalankan Prokes

Selanjutnya menurut dr. Andani pemerintah perlu kembali menyiapkan Rumah Sakit untuk antisipasi awal dan meningkatkan tracing agar penyebaran varian Omicron bisa dikendalikan.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X