Pakar Keselataman Berkendara Angkat Bicara Soal Kecelakaan Beruntun di Balikpapan Hari Ini

- Jumat, 21 Januari 2022 | 16:05 WIB
Kondisi kendaraan saat kecelakaan di Balikpapan. Foto/Istimewa.
Kondisi kendaraan saat kecelakaan di Balikpapan. Foto/Istimewa.

HALUAN PADANG - Pakar keselamatan berkendara buka suara terkait kecelakaan maut beruntun yang terjadi di simpang turunan Muara Lapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 21 Januari 2022 sekira pukul 06.15 WITA pagi tadi.

"Nggak semua pengemudi memiliki kompetensi yang benar. Kompetensi tidak hanya pada saat aman tapi juga bagaimana sikap, tindakan dan keputusan dia benar saat darurat," ujar Pendiri sekaligus pengajar senior di Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Sumana dikutip dari detikcom, Jumat 21 Januari 2022.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat sopir dihadapkan dalam kondisi yang sangat darurat, seharusnya memilih opsi yang bisa meminimalisir resiko. Apalagi keputusan itu diburu dengan waktu dalam hitungan detik.

Baca Juga: 3 Rumah Sakit Menjadi Tempat Rujukan Korban Kecelakaan Maut di Balikpapan Hari Ini

"Saat kondisi gawat darurat, dia harus bisa melihat dan mengambil keputusan yang benar dalam hitungan detik, melalui pencegahan tindakan operasional. Masalah rem, engine stall, ban pecah slip dan lain-lain, apa rumusnya, semua harus dipahami," katanya.

Detik-detik kecelakaan itu terekam camera CCTV di sekitar tempat kejadian perkara (TKP). Tampak dari arah belakang truk tronton melaju dengn tidak terkendali sehingga menubruk kendaraan yang ada didepannya yang pada saat itu sedang menunggu pergantian traffic light.

Sony kemudian menjelaskan, sopir truk tronton itu dihadapkan dengan opsi untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah.

Baca Juga: Polri Terjunkan Tim TAA Guna Selidiki Kasus Kecelakaan Maut di Turunan Muara Rapak Kota Balikpapan

Tetapi malah memilih untuk lurus dimana menyebabkan korban jiwa berjatuhan, hal ini terangnya, erat kaitannya dengan kompetensi pengemudi.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X