Pemko akan Beli Traktor Pembersih Sampah untuk Pantai Padang

- Jumat, 21 Januari 2022 | 13:08 WIB
Pantai Padang/ foto: Tio Furqan
Pantai Padang/ foto: Tio Furqan

HALUAN PADANG- Pemerintah Kota Padang akan membeli sebuah traktor pembersih sampah guna menyelesaikan persoalan sampah di sepanjang kawasan wisata Pantai Padang.

Plt Dinas Pariwisata Kota Padang, Raju M Chaniago mengatakan, traktor yang akan dibeli tersebut merupakan sebuah mesin khusus yang dirancang untuk membersihkan sampah yang ada di atas pasir disepanjang Pantai Padang.

"Kita sudah mengajukan ke Bapak Walikota dan pada prinsipnya pak walikota menyetujuinya. Untuk pegadaannya nanti tergantung dengan keuangan daerah, apakah akan terealisasi tahun ini atau tahun depan," ujarnya dilansir dari langgam.id, Jumat, 21 Januari 2022.

Baca Juga: Polri Terjunkan Tim TAA Guna Selidiki Kasus Kecelakaan Maut di Turunan Muara Rapak Kota Balikpapan

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, kondisi Pantai Padang yang kini selalu dipenuhi berbagai macam jenis sampah yang memang sangat membutuhkan mesin canggih tersebut. Karena, keterbatasan sumber daya manusia (SDM) yang harus membersihkan sampah yang bertebaran setiap harinya.

"Setidaknya kita butuh dua mesin itu untuk membersihkan Pantai Padang dari ujung ke ujung," tandasnya.

Kemudian, Raju menjelaskan, cara kerja mesin tidak jauh berbeda dengan mesin pembersih jalan yang dimiliki Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang. Mesin ini dapat menyedot dan memisahkan antara sampah dengan pasir.

"Seperti yang ada di pantai Australia. Di Ancol sepertinya juga ada," katanya.

Persoalan sampah di Kota Padang memang tidak pernah usai. Sampah selalu menjadi persoalan utama karena sampah selalu menumpuk dan berserakan di sepanjang objek wisata bahari itu setiap harinya meski telah dibersihkan oleh tenaga kebersihan.

Baca Juga: Buntut Panjang Pernyataan Soal Bahasa Sunda, PDIP Jawa Barat Terbitkan Rekomendasi Arteria Dahlan Dipecat

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X