Raker Dengan Bakamla, DPD RI Dorong Penguatan Sistem Keamanan Laut Nasional

- Jumat, 21 Januari 2022 | 10:34 WIB
Rapat Kerja bersama Bakamla, Kemenkopolhukam, Kogabwilhan I dan jajaran Forkopimda Kepulauan Riau di Aula Makogabwilhan I, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (20/1/2022)/ foto: DPD RI
Rapat Kerja bersama Bakamla, Kemenkopolhukam, Kogabwilhan I dan jajaran Forkopimda Kepulauan Riau di Aula Makogabwilhan I, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (20/1/2022)/ foto: DPD RI

HALUAN PADANG- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono ingatkan pentingnya memperkuat sistem keamanan laut nasional melalui penguatan Bakamla sehingga, bisa menjaga kedaulatan wilayah perairan laut Indonesia tanpa adanya risiko tumpang tindih kewenangan.

Terutama dalam mewaspadai perkembangan lingkungan akibat pergeseran Geo Politik, Geo Ekonomi dan Geo Strategi dikawasan Asia Pasifik.

Hal tersebut diungkapkan Nono Sampono saat menghadiri Rapat Kerja bersama Bakamla, Kemenkopolhukam, Kogabwilhan I dan jajaran Forkopimda Kepulauan Riau di Aula Makogabwilhan I, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Kamis (20/1/2022).

Baca Juga: Waket DPD RI Dorong Kejaksaan Banding Vonis Nihil Terpidana Asabri

Dalam kesempatan tersebut, Nono Sampono memaparkan potensi-potensi ancaman kedaulatan dari negara-negara adidaya. Bukan hanya masalah keamanan, namun ada kepentingan ekonomi didalamnya.

“Indonesia berada diantara 2 benua dan 2 samudera, secara geopolitik Indonesia pantas diperebutkan secara politik, ekonomi, dan keamanan. Tidak ada cara selain 3 aspek tersebut diperkuat” kata Nono.

Nono juga menegaskan bahwa saat ini Indonesia sudah terkurung dalam posisi gelar militer negara-negara besar.

“Tidak salah Indonesia didaulat sebagai poros maritim dunia, untuk itu harus kita bangun kekuatan maritim. Kalau tidak Indonesia akan menjadi bulan-bulanan kekuatan besar dunia” ungkapnya

Ditambahkan Nono Sampono, dinamika lingkungan strategis terus diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara besar.

Baca Juga: Ketua DPD RI LaNyalla Sesalkan Penonaktifan BPJS Warga Miskin Jatim

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X