Kadin Sumbar Tengah Gaduh, Ada Ultimatum Muncul Terkait SK 244

- Rabu, 19 Januari 2022 | 18:49 WIB
SK-244 yang dikeluarkan oleh Ketua Kadin Indonesia, Arsyad Rasyid.
SK-244 yang dikeluarkan oleh Ketua Kadin Indonesia, Arsyad Rasyid.

Haluan Padang - Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin-red) Sumatera Barat tengah gaduh. Hal ini dikarenakan ada Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Ketua Kadin Indonesia Arsyad Rasyid pada tanggal 29 November 2021 dengan no : Skep/244/DP/XI/2021. Atas SK tersebut, Arsyad Rasyid pun di ultimatum oleh beberapa anggota Kadin Sumbar.

SK-244 yang menerangkan penunjukan Ramah Saleh sebagai ketua Umum Kadin Sumbar ini ditentuang oleh sejumlah pengurus Kadin Sumbar.

Alhasil, sejumlah pengurus Kadin Sumbar membuat tim khusus untuk menolak SK-244 ini yang dikomandoi oleh Zainul Rahim Zein. Tim Ini diinisiasi oleh tiga Dewan Kadin Sumbar yakni Ketua Dewan Pertimbangan Kadinda Sumbar Budi Syukur, Ketua Dewan Penasihat Basril Djabar dan Ketua Dewan Kehormatan Leonardi Harmainy.

"Jika sampai hari Jumat, (21/1/2022) besok tidak ada keputusan untuk mencabut SK-244 tersebut, maka kami akan mengajukan gugatan ke Pengadilan. Kami akan gugat Ramal Saleh dan Arsyad Rasyid karena telah melanggar Konstitusi Kadin dan membuat kegaduhan di tubuh Kadin Sumbar,' Sebut Zainul Rahim Zein SH yang dikenal dengan nama Aim Zein di Padang, Rabu (19/1/2022).

Menurut Zainul Rahim Zein, sesuai kesepakatan para Dewan di Kadinda Sumbar bersama para Ketua Kadin kabupaten dan kota serta pimpinan aosiasi perusahaan di Sumbar, tim khusus itu diberikan kewenangan menyelesaikan kisruh akibat terbitnya SK244 yang dinilai cacat secara hukum.

Sebelumnya, sejumlah pengurus Kadin Sumbar telah mengajukan protes terhadap penerbitan Sk-244 tersebut. Pengurus Kadin menolak pergantian Kadin Sumbar yang dinilai tidak sesuai prosedur karena melabrak Peraturan Organisasi (PO) Kadin.

Sampai akhirnya, pengurus yang menolak Sk-244 tersebut mendeklarasikan Mosi Tak Percaya pada Ketua Kadin Sumbar, Ramal Saleh. Selain itu mendesak Ramal Saleh juga turun dari jabatannya. (*)

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X