Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

- Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi

Haluan Padang - Kabar buruk bagi kalian yang bermimpi untuk bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil. Tahun 2022 ini, pemerintah tidak membuka lowongan CPNS. Namun, untuk penerimaan PPPK tetap dibuka.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

"Untuk seleksi Calon ASN tahun 2022, pemerintah hanya fokus pada perekrutan PPPK. Tahun ini untuk formasi CPNS tidak tersedia," Sebut Tjahho Kumolo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/1/2022).

Dengan fokus merekrut PPPK di tahun ini, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan seleksi calon ASN tahun 2022 ini.

Tjahjo menjelaskan kebijakan merekrut PPPK berkaca dari sistem kerja beberapa negara maju. Menurutnya, di beberapa negara maju, jumlah Government Worker atau pelayan publik (PPPK) lebih banyak ketimbang jumlah Civil Servant (PNS).

Keputusan merekrut PPPK tahun 2022 telah tertuang dalam surat menteri PANRB No. B/1161/M.SM.01.00/2021 tertanggal 27 Juli 2021 perihal pengadaan ASN tahun 2022. Adapun seleksi PPPK tahun 2022 difokuskan untuk merekrut tenaga pendidik, kesehatan dan penyuluh.

Selain itu, pemerintah tengah menyusun kajian sebagai dasar regulasi untuk mengatur kriteria mengenai jabatan yang dapat diisi oleh PNS dan PPPK. Ke depan, kebijakan ini akan mengatur jabatan yang secara spesifik dapat diisi oleh PNS dan PPPK.

"Dengan adanya program penyederhanaan birokrasi dan pengalihan jabatan struktural menjadi fungsional yang dilakukan sejak 2019, maka terdapat beberapa perubahan yang perlu disesuaikan kembali oleh tiap instansi pemerintah," ucap Tjahjo. (*)

 

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X