Komite IV DPD RI Gelar RDPU Bahas Pelaksanaan UU Lembaga Keuangan Mikro

- Rabu, 19 Januari 2022 | 08:38 WIB
Komite IV DPD RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama akademisi dan praktisi untuk membahas pelaksanaan UU No. 1/2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, Selasa (18/1)
Komite IV DPD RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama akademisi dan praktisi untuk membahas pelaksanaan UU No. 1/2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, Selasa (18/1)

HALUAN PADANG- Komite IV DPD RI menggelar Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) bersama akademisi dan praktisi untuk membahas pelaksanaan UU No. 1/2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro, Selasa (18/1).

Dalam rapat tersebut, Komite IV DPD RI mendengarkan pandangan dan masukan dari masing-masing narasumber terkait pelaksanaan UU Lembaga Keuangan Mikro (LKM).

Akademisi dan praktisi Ahmad Subagyo menjelaskan bahwa akses pembiayaan pada lembaga keuangan mikro tidak naik secara signifikan.

Baca Juga: Menyusul Tren Peningkatan Varian Omicron, Jokowi Minta Masyarakat Kurangi Mobilitas dan Optimalkan WFH

Menurutnya dalam waktu 3 tahun hanya terjadi kenaikan sebesar 1%.

“Yang menarik bahwa ternyata yang memberikan akses terbesar kepada usaha mikro, justru koperasi simpan pinjam. Peran LKM dalam memberikan akses permodalan bagi masyarakat pedesaan cukup signifikan,” ucapnya.

Ahmad menilai, pemanfaatan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya saing dari lembaga keuangan mikro.

Menurutnya, saat ini pemanfaatan teknologi digital oleh LKM sangat terbatas.

“Saya pikiri ini waktu yang sangat tepat untuk melakukan standarisasi yang berbasis dengan komputer atau aplikasi. Pelatihan berbasis kompetensi terhadap LKM dan membangun kemitraan dengan lembaga keuangan atau permodalan,” imbuhnya.

Baca Juga: Juventus Raih Kemenangan 4-1 atas Sampdoria!

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X