Alasan Nama Nusantara Dipilih Jadi Nama Ibu Kota Negara Baru dari 80 Nama yang Diusulkan

- Selasa, 18 Januari 2022 | 21:35 WIB
Istana Presiden di Ibu Kota Negara di Kalimantan Timir,  rancangan I Nyoman Nuarta.*
Istana Presiden di Ibu Kota Negara di Kalimantan Timir, rancangan I Nyoman Nuarta.*

HALUAN PADANG- Nusantara kini ditetapkan menjadi nama Ibu Kota Negara baru, yang dibangun di Kalimantan Timur.

Ketua Panitia Khusus Rancangan UU Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN), Ahmad Doli Kurnia mengatakan bahwa pemilihan Nusantara sebagai nama IKN diambil berdasarkan pertimbangan yang matang.

“Kami menilai sampai putus nama Nusantara itu dengan pertimbangan matang, ada aspek historis, sosiologis, dan filosofis yang nanti ada penjelasan dalam RUU ini kenapa disebut Nusantara,” ungkap Doli, dilansir dari Antara, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Jelaskan Tujuan Pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Senada dengan itu, Mentri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan ada sekitar 80 nama yang diusulkan sebagai nama IKN, namun yang diputuskan Presiden Jokowi Widodo adalah Nusantara.

Ia menambahkan, sebelum memilih nama Nusantara, pihaknya telah memanggil ahli sejarah dan ahli bahasa untuk memberikan pengetahuan terkait nama-nama calon IKN.

Ia menyebutkan, nama-nama yang sempat diusulkan tersebut antara lain, Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Nusa Jaya, Pertiwi Pura, Warna Pura, Cakrawala Pura hingga Kertanegara.

Baca Juga: Efek Doddy Sudrajat Jemput Gala Sky Secara Mendadak, Rumah Haji Faisal Kini Dijaga Ketat

Alasan pemilihan nama Nusantara, kata Suharso dikarenakan nama tersebut sudah dikenal sejak dulu dan menjadi ikonik di dunia internasional.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X