Keluarga Napi Yang Gantung Diri Di Lapas Lubuk Basung Curhat Ke Komnas HAM, Sebut Ada Yang Janggal

- Selasa, 18 Januari 2022 | 17:33 WIB
Keluarga napi yang tewas gantung diri di Lapas Lubuk Basung saat mendatangi Komnas HAM Sumbar, Selasa (18/1/2022). (Foto : Daffa/Haluan Padang)
Keluarga napi yang tewas gantung diri di Lapas Lubuk Basung saat mendatangi Komnas HAM Sumbar, Selasa (18/1/2022). (Foto : Daffa/Haluan Padang)

Haluan Padang - Keluarga Syafrizal alias Poron, napi yang dilaporkan meninggal dunia karena gantung diri di Lapas Lubuk Basung pada Senin (10/1/2022) silam, mendatangi Komnas HAM Kantor Wilayah Sumbar pada Selasa (18/1/2022).

Kedatang keluarga ini langsung disambut oleh Ketua Komnas HAM Sumbar, Sultanul Arifin. Disini keluarga meluapkan curahan hati mereka terkait kejanggalan yang ditemukan pada tubuh Syafrizal saat memandikan jenazah.

"Saat memandikan jenazah, kami mendapati kepala, tangan dan kaki almarhum dipenuhi luka lebam," sebut salah seorang keluarga Syafrizal, Muhammad Yani kepada Haluan Padang, Selasa siang di kantor Komnas HAM Sumbar.Baca Juga: Sempat Kabur 4 Bulan, Napi Di Lapas Lubuk Basung Bunuh Diri Usai Ditangkap Lagi

Selain itu, kejanggalan lain yang dirasakan pihak keluarga saat mendatangi Lapas Lubuk Basung usai diberitahu bahwa Syafrizal meninggal dunia akibat gantung diri di dalam sel tahanan. Namun, Saat pihak keluarga ingin mengunjungi sel tahanan tersebut, pihak lapas tidak memperbolehkan.

Disisi lain Yani juga menerangkan setelah tidak diperbolehkan melihat sel tahanan, pihak keluarga juga dipaksa pihak Lapas untuk segera menandatangani serah terima jenazah dan tidak keterangan untuk tidak melakukan visum.

"Kami (pihak keluarga Syafrizal-red) menyampaikan, jika memang almarhum meninggal karena gantung diri, kami ikhlas. Tapi beliau dianiaya, kami ingin tahu sebabnya kenapa harus dianiaya dan siapa pelakunya," tegas Muhammad Yani.

komnas Baca Juga: Komnas HAM Tolak Hukuman Mati Buat Pemerkosa 13 Santriwati Herry Wirawan, Usulkan Hukuman Seumur Hidup

Usai mendengar curhatan keluarga Syafrizal tersebut, Ketua Komnas HAM Sumbar menyarankan pihak keluarga untuk membuat laporan dengan membuat beberapa administgrasi dan keterangan tertulis.

Sebelumnya, Syafrizal dilaporkan tewas gantung diri oleh pihak Lapas Lubuk Basung pada Senin (10/1/2022) di ruang sel khusus.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X