Sungai Batang Masang Habitat Buaya, Ini Langkah BKSDA untuk Cegah Konflik Manusia dan Satwa

- Senin, 17 Januari 2022 | 20:07 WIB
Numpang Mandi di Sungai, Siswa SD Hilang Diterkam Buaya Muara di Kabupaten Agam(Ilustrasi/Pixabay)
Numpang Mandi di Sungai, Siswa SD Hilang Diterkam Buaya Muara di Kabupaten Agam(Ilustrasi/Pixabay)

HALUAN PADANG – Menanggapi kejadian bocah diterkam buaya muara di tepi Batang Masang, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar bertindak menangani korban dan satwa.

Kepala BKSDA Sumbar Ardi Andono menyampaikan pada Senin, 17 Januari 2022, bahwa pihaknya ikut turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi korban bersama pihak-pihak berwenang lainnya.

 

“Kami sangat prihatin atas kejadian ini,” ujar Ardi Andono.

Terkait identifikasi buaya, ia menjelaskan pencarian buaya lebih efektif dilakukan pada malam hari dengan senter, karena mata buaya bisa terpantau terang.

Baca Juga: Update Serangan Buaya di Agam, Korban Ditemukan Tim Pencari, Begini Kondisinya

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan BKSDA, yakni segera memasang papan larangan dan himbauan serta menguatkan sosialisasi tentang habitat satwa. Pasalnya, kawasan tersebut memang habitat buaya.

“Sungai batang masang itu memang habitat buaya, jadi buaya tidak bisa serta merta dipindahkan, karena memang habitatnya di situ,” imbuh Ardi.

Dengan demikian, menurut Ardi, upaya dari BKSDA yakni membuat kawasan ekosistem esensial untuk buaya yang berada di Agam.

Halaman:

Editor: Emen HLN

Tags

Terkini

X