Dibalik Penetapan Nama "Nusantara" Untuk Ibukota Negara Baru Di Kaltim

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:38 WIB
Desain Ibukota Negara Baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur
Desain Ibukota Negara Baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

Haluan Padang - Nama Ibukota Negara Baru yang nantinya akan dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur telah ditetapkan oleh Presiden Jokowi, Jumat (14/1/2022). Namun, penetapan nama tersebut baru dirilis secara resmi oleh Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa pada Senin (17/1/2022).

Presiden Joko Widodo memilih nama "Nusantara" sebagai nama Ibukota Negara Baru di Kalimantan Timur tersebut. Pemilihan nama Nusantara ini setelah melakukan seleksi dari berbagai nama yang masuk.

"Dari berbagai nama yang masuk, Pak Jokowi memilih nama Nusantara," sebut Suharso dalam rapat Pansus IKN, Senin (17/1/2022).

Disebukannya, alasan memilih nama Nusantara ini karea sudah dikenal sejak dulu, dan ikonik di internasional. Selain itu mudah dan menggambarkan kenusantaraan bangsa Indonesia.

Baca Juga: Nusantara Dipilih Jokowi Jadi Nama Ibu Kota Baru Indonesia di Kalimantan Timur, Inilah Alasannya

Suharso membeberkan, nama-nama yang sempat pihaknya ajukan kepada Jokowi untuk dipilih menjadi nama IKN baru antara lain Negara Jaya, Nusantara Jaya, Nusa Karya, Warna Pura, Cakrawala Pura, hingga Kertanegara.

“Mereka yang punya otoritas untuk memberikan knowledge kepada kami, para pakar itu untuk memilih kata-kata yang paling tepat dan ini begitu besar sekali,” ucap Suharso.

Adapun, Nusantara sendiri diambil dari bahasa Jawa kuno. Dikutip dari Wikipedia, Nusantara terdiri dari dua kata yaitu Nusa yang artinya pulau dan antara yang artinya luar.

Kata Nusantara pun muncul pertama kali dalam kitab Negarakertagama di zaman Majapahit. Dalam era Majapahit, Nusantara menggambarkan sistem kenegaraan yang dianut oleh kerajaan yang berpusat di pulau Jawa tersebut.

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X