LaNyalla Minta Pemkab Berau Perhatikan Kesultanan Gunung Tabur

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 07:46 WIB
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti  usai dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Sultan Gunung Tabur di Museum Gunung Tabur, Berau
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti usai dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Sultan Gunung Tabur di Museum Gunung Tabur, Berau

HALUAN PADANG- Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta Pemerintah Kabupaten Berau memberikan perhatian kepada Kesultanan Gunung Tabur dan masyarakat di sekitarnya.

Permintaan itu disampaikan LaNyalla usai dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Sultan Gunung Tabur di Museum Gunung Tabur, Berau, Jumat (14/1/2022).
Setidaknya ada 3 poin permintaan yang disampaikan LaNyalla.

"Hari ini saya secara khusus meminta perhatian Bupati Berau atas beberapa catatan saya terkait dengan keberadaan Kesultanan Gunung Tabur dan masyarakat di sekitar Kesultanan," katanya.

Pertama, terkait aspirasi masyarakat Gunung Tabur yang pada tanggal 8 Januari lalu menyatakan kekecewaannya kepada PT Berau Coal karena tidak melaksanakan kewajiban CSR dengan sungguh-sungguh.

"Ini harus menjadi perhatian Pemkab Berau. Karena perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan. Jelas itu diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007, di Pasal 74," papar LaNyalla.

Menurutnya, masyarakat meminta agar perusahaan membangun Solar Cell untuk warga Gunung Tabur, karena listrik PLN belum tersedia sampai sekarang.

"Saya kira itu tuntutan yang sangat wajar dan tidak berlebihan. Saya minta Pemkab Berau dan Senator asal Kalimantan Timur untuk membantu memastikan aspirasi tersebut dapat direalisasikan," tegasnya.

Permintaan kedua yakni supaya komplek pemakaman Kesultanan Gunung Tabur yang seringkali terkena bencana banjir mendapat perhatian serius.

"Makam para leluhur Kesultanan Gunung Tabur adalah makam yang menjadi bagian dari sejarah lahirnya bangsa ini. Makanya harus kita jaga dan pelihara," tukas dia lagi.

Ketiga, LaNyalla meminta secara khusus agar Masjid Kesultanan atau Masjid Raya Imanuddin yang telah berusia sekitar 200 tahun direvitalisasi dan juga dilakukan perawatan yang memadai.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X