Duh! Simpan Miras Berharga Ratusan Juta, Warga Padang Terancam Empat Tahun Penjara

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:45 WIB
Ilustrasi Miras
Ilustrasi Miras

HALUANPADANG.COM – Seorang warga Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Padang terciduk menyimpan ribuan botol minuman keras berharga ratusan juga. Dia terancam hukuman berat.

Warga Padang itu berinisial AT. Usianya 57 tahun. Kini AT sudah meringkuk di sel tahanan Polda Sumbar untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Dia menyimpan ribuan botol miras untuk diedarkan, karena itu ditangkap. Sekarang sudah berada dalam sel tahanan,” terang Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu, Jumat (14/1/2022) siang.

Dijelaskan Satake, AT dijerat dengan pasal 106 ayat (1) jo pasal 24 ayat (1) Undang-undang RI nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja atas Undang-undang RI nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan. “Penyimpanan dan peredaran miras yang tidak sesuai regulasi jelas melanggar aturan,” tegas Satake.

Baca Juga: Miras Berharga Ratusan Juta yang Disita Polda Sumbar Ternyata Diselundupkan Lewat Jalur Darat

Sesuai dengan pasal yang disangkakan, AT terancam hukuman penjara sekitar empat tahun kurungan. “Sekarang kasusnya sedang didalami oleh penyidik,” tutur Satake.

Disebutkan Kabid Humas, AT menyimpan 2.165 botol miras beragam merek. Miras itu bergolongan B, dengan kadar alkohol 5 hingga 20 persen.

Miras tersebut disita petugas Ditreskrimsus Polda Sumbar di Kafe DR yang merupakan milik AT sekitar pukul 00.30 WIB, Jumat. Jika ditotal, miras milik AR nilainya sekitar Rp277 juta lebih.

Penangkapan berawal saat petugas Subdit 1 Ditreskrimsus Polda Sumbar mendatangi Kafe DR. Dalam gudangnya tim menemukan barang bukti sebanyak 742 botol. Lalu dilakukan pengembangan ke rumah AT, didapati 1.423 botol.

Baca Juga: Ini Tumpukan Minuman Keras Berharga Ratusan Juta yang Disita Polda Sumbar

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

X