Miras Berharga Ratusan Juta yang Disita Polda Sumbar Ternyata Diselundupkan Lewat Jalur Darat

- Jumat, 14 Januari 2022 | 18:14 WIB
Tumpukan kardus miras yang disita oleh Polda Sumbar/Tio Furqan
Tumpukan kardus miras yang disita oleh Polda Sumbar/Tio Furqan

HALUANPADANG.COM – Jajaran Direkrorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sumbar menelusuri asal dari minuman keras (Miras) berharga ratusan juta yang disita di kawasan Belakang Pondok, Kecamatan Padang Selatan, Padang. Miras itu rupanya “diimpor” dari luar daerah.

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, miras tersebut diangkut dengan kendaraan melewati sejumlah provinsi, dan diedarkan di Padang.

“Itu dibawa dari luar daerah, bukan diproduksi di Sumatera Barat. Sumbar, khususnya Padang dijadikan pasar saja,” kata Satake.

Dari penelusuran petugas, miras yang jumlahnya ribuan tersebut berasal dari Pulau Jawa.

“Dari Pulau Jawa, lalu dibawa lewat jalur darat melalui Pekanbaru dan Medan menggunakan jasa pengiriman,” terang Satake.

Baca Juga: Ini Tumpukan Minuman Keras Berharga Ratusan Juta yang Disita Polda Sumbar

Kemudian, AT juga mengakui asal minuman itu dari daerah Jawa. Dia hanya mengedarkannya di Padang dan dijual di kafenya sendiri.

Dari hasil interogasi ia mendapatkan dengan sistem transfer jasa pengiriman, dari Provinsi Pekanbaru, dan Provinsi Medan.

Setidaknya, ada ribuan botol miras berbagai golongan B beralkohol 5 hingga 20 persen yang disita petugas Ditreskrimsus Polda Sumbar di Kafe DR, Jumat (14/01) sekitar pukul 00.30 WIB. Polisi juga mengamankan pemilik kafe berinisial AT (57).

“Jumlahnya 2.165 botol. Untuk nilainya sekitar Rp277 juta lebih,” papar Kabid Humas Polda Sumbar.

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X