Fakta-fakta InJourney, Holding Pariwisata yang Dipimpin Tiga Orang Minang, dan Baru saja Diluncurkan Presiden

- Jumat, 14 Januari 2022 | 17:24 WIB
Direktur Utama Holding Pariwisata Dony Oskaria mendampingi Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Mandalika, Kamis lalu.
Direktur Utama Holding Pariwisata Dony Oskaria mendampingi Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Mandalika, Kamis lalu.

HALUANPADANG.COM – Presiden Jokowi baru saja meluncurkan Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung Injourney di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika.

Holding ini menjadi kekuatan baru Indonesia dalam mendongkrak sektor pariwisata. Faktanya, perusahaan plat merah ini dipimpin oleh tiga orang Minang yang profesional. Berikut faktanya.

Holding ini yang akan menjadi pengelola sejumlah perusahaan yang menjadi penggerak pariwisata nantinya.

Mulai dari penerbangan, kemudian pengelolaan bandara, ada 122 hotel. Holding akan menyatukan 122 hotel yang berada di bawah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Holding ini juga akan mengelola pusat perbelanjaan Sarinah yang saat ini masih direnovasi. Sarinah akan menjadi ritel dan heritage store Indonesia yang dapat mendorong UMKM maju dan masuk ke pasar internasional.

Baca Juga: Presiden Jokowi Yakin Dony Oskaria Mampu Bangkitkan Pariwisata Indonesia

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) atau TWC juga akan didorong untuk lebih maju. Tahun ini TWC juga akan mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tujuannya, agar mampu mendorong percepatan pertumbuhan industri pariwisata.

Holding pariwisata dan pendukung sudah terbentuk melalui PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) sebagai induknya yang sebelumnya merupakan PT Survei Udara Penas (Persero).

Pada tahap pertama ini holding pariwisata dan pendukung beranggotakan PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Taman Wisata Candi Borobudur Prambanan dan ratu Boko (Persero), dan PT Sarinah (Persero).

Halaman:

Editor: Bhenz Maharajo

Tags

Terkini

X