Demi Memulihkan Ekonomi Nasional, Pemerintah Cabut Aturan Larangan 14 Negara Masuk Indonesia

- Jumat, 14 Januari 2022 | 11:33 WIB
ilustrasi/ foto: SINDOnews
ilustrasi/ foto: SINDOnews

HALUAN PADANG- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencabut aturan terkait 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah melarang setiap warga negara asing dari atau yang pernah transit di 14 negara masuk ke Indonesia karena perkembangan kasus Omicron.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, keputusan ini diambil pemerintah karena virus Covid-19 varian Omicron sudah menyebar di 150 dari total 195 negara di dunia.

"Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada, maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional," kata Wiku dalam keterangannya, Jumat (14/1).

Baca Juga: Pemprov Sumbar Siapkan Wisata Berbasis Tradisi Minangkabau, Pemasaran Berbasis Teknologi Digital

Baca Juga: Penendang Sesajen di Gunung Semeru Berhasil Ditangkap!

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 2 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Adapun negara-negara yang masuk dalam daftar tersebut di antaranya Afrika Selatan,Norwegia, Denmark, Inggris, Prancis.

Selain itu, Lesotho, Namibia, Mozambique, Eswatini, Malawi, Zimbabwe, Zambia, Angola, dan Botswana.

Selanjutnya, mulai sekarang setiap WNA dari negara mana pun boleh masuk ke tanah air dengan syarat wajib melakukan karantina selama 7 hari.

Halaman:

Editor: Nuraini

Tags

Terkini

X