Setelah Joki Vaksin, Sekarang Muncul Joki Karantina

- Minggu, 9 Januari 2022 | 14:29 WIB
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin membeberkan fakta adanya praktek joki karantina yang dilakukan oleh pelaku perjalanan luar negeri (ist)
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin membeberkan fakta adanya praktek joki karantina yang dilakukan oleh pelaku perjalanan luar negeri (ist)

Haluan Padang - Dinamika masa pandemi Covid-19 terbilang tak pernah habis-habisnya. Beberapa waktu Terakhir, satgas Covid-19 dipusingkan dengan ulah Joki Vaksin. 

Awalnya, joki vaksin ini pertama kali terungkap di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Kemudian merambah ke beberapa daerah lainnya seperti di Banjarmasin dan Semarang. 

Selain joki Vaksin, ternyata saat ini ada juga orang yang membayar jasa Joki Karantina. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin yang mengaku pihaknya telah menangkap beberapa orang joki karantina

Budi mengaku kesal dengan tingkah pelaku perjalanan internasional yang menyewa joki karantina untuk menggantikan mereka selama masa isolasi. 

“Untuk vaksinasi ada joki vaksinasi. Saya juga mendengar ada joki karantina. Jadi tolong dicek, diketok kamarnya jangan-jangan orangnya tidak ada atau ada yg gantiin,” kata Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan, dalam program Primetime News di Metro TV, Sabtu, 8 Januari 2022.

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan juga membeberkan modus-modus kecurangan yang biasanya terjadi saat karantina. Banyak pelanggar yang masih tidak disiplin dengan banyaknya pemain pengganti.

 Selain itu, pelanggaran interaksi para pelaku karantina dengan orang luar biasanya berupaya negosiasi dengan petugas agar bisa karantina mandiri di rumah.

Karena itu, Kapolri Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo, meminta seluruh petugas untuk mewaspadai fenomena joki karantina dan berbagai kecurangan lainnya. Kapolri juga menegaskan karantina harus diawasi dengan ketat.  (*) 

Editor: Hajravif Angga

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X