Koalisi Penyelamatan Hutan Mentawai Datangi Komnas HAM Sumbar Terkait Persoalan Koperasi Minyak Atsiri

- Jumat, 7 Januari 2022 | 21:38 WIB
Koalisi Penyelamatan Hutan Mentawai saat melakukan aksi damai menolak Koperasi Minyak Atsiri di Dinas Kehutanan Sombra (HALUAN PADANG - Daffa Benny)
Koalisi Penyelamatan Hutan Mentawai saat melakukan aksi damai menolak Koperasi Minyak Atsiri di Dinas Kehutanan Sombra (HALUAN PADANG - Daffa Benny)

HALUAN PADANG - Pasca aksi damai di Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Barat, Koalisi Penyelamatan Hutan Mentawai bersama 2 (dua) orang perwakilan masyarakat Silabu Mentawai mendatangi Komnas HAM Sumatera Barat pada Rabu (5/01).

Koalisi mendatangi Komnas HAM Sumbar terkait penolakan 150 masyarakat Desa Silabu atas kehadiran Koperasi Minyak Atsiri.

Baca Juga: Tolak Hutan Diubah Jadi Kebun Koperasi, Koalisi Penyelamat Hutan Mentawai Geruduk Dishut Sumbar

Berdasarkan siaran pers yang diterima Haluan Padang pada Kamis (6/01), dua orang masyarakat Silabu menceritakan pemberian izin kepada Koperasi Minyak Atsiri Mentawai yang disebut melanggar hak tanah 150 masyarakat.

Sebelumnya diketahui, 150 orang warga desa Silabu yang lahannya masuk dalam areal Koperasi Minyak Atsiri menyatakan menolak lahannya untuk diambil kayunya dan dikelola menjadi kebun milik Koperasi.

“Oleh sebab itu, kami dari perwakilan masyarakat Silabu meminta pertolongan Komnas HAM Sumatera Barat,” tulis siaran pers Koalisi Penyelamat Hutan Mentawai.

Baca Juga: Koalisi Masyarakat Sipil Desak Satgas Mencabut Aturan Pejabat Tak Wajib Karantina

Ketua Forum Mahasiswa Mentawai Heronimus Zebua selaku bagian dari koalisi menyampaikan, bagi orang mentawai hutan dan alam bukan hanya sekedar kayu.

“Orang Mentawai memaknai hutan adalah sumber penghidupan dan keberlanjutan hidup masyarakat Mentawai untuk bisa menghidupi dan membiayai semua kebutuhan hidup keluarga baik untuk sehari hari dan juga untuk kebutuhan pendidikan serta tabungan masa depan,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X