Kemendes PDT dan Transmigrasi Serahkan Bantuan Kuda Lumping Guna Lestarikan Budaya Di Daerah Transmigran

- Rabu, 5 Januari 2022 | 19:59 WIB
Bantuan kuda lumping dan musik hadrof daei Kemendes PDT dan Transmigrasi yang diserahkan ke kelompok kesenian kuda lumping di Pessel. (Ist)
Bantuan kuda lumping dan musik hadrof daei Kemendes PDT dan Transmigrasi yang diserahkan ke kelompok kesenian kuda lumping di Pessel. (Ist)

 

Haluan Padang - Melalui Dinas Perdagangan dan Transmigrasi Kabupaten Pesisir Selatan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigari Republik Indonesia menyalurkan bantuan kepada  kelompok kesenian kuda lumping berupa alat musik tradisional, serta beberapa bantuan lainnya.Seperti, meja mengaji, lemari dan karpet. Rabu (5/1/2022).

Penyerahan bantuan tersebut sebelumnya disampaikan pada saat peringatan upacara hari Bhakti Transmigrasi ( HBT) Ke - 71, dimana dihadiri langsung Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Hakim Iskandar. 

Disampaikan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, diwakili Kepala Dinas Perdangan dan Transmigrasi, Kabupaten Pesisir Selatan saat penyerahan kali itu Mimi Riarty Zaimul, dihadapan penggurus Paguyuban Kuda Lumping Sanggar Tari To Ronggo Jati Lunang 2.

" Pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan tujuan pembangunan berkelanjutan seperti diamanakan Perpres Nomor 59 Tahun 2017. " tegas Kadis Perdangan dan Transmigrasi Mimi Riarty Zaimul saat dihubungi media.

Dikatakan Mimi, kegiatan Lestari Budaya ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah pusat dan daerah penyediaan sarana pada kelompok seni budaya dengan tujuan membantu pengembangan kreatifitas serta mempresentasikan warisan seni & budaya.

Dan, pemerintah daerah sangat mendukung kemajuan seni budaya tradisional ada di Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus menjadikan daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Pesisir Selatan.

Mimi berharap bantuan dari Kemendes dan Transmigrasi ini bisa dimanfaatkan, muda - mudahan bisa membantu. Sekaligus menjaga dan melestarikan kelestarian seni budaya khususnya tari kuda lumping dan alat musik hadrof, penyerahannya dilaksanakan di MTS Pasir Binjai Silaut.

Lebih jauh Mimi juga berpesan agar bantuan ini bisa dirawat serta dijaga, untuk mendukung kegiatan Paguyuban seni tari kuda lumping. (*)

Halaman:

Editor: Hajravif Angga

Sumber: Kemendes PDTT

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X