Cegah Covid-19, BINDA Sumbar Ajak Warga Vaksin Demi Tingkatkan Imun Tubuh

- Rabu, 5 Januari 2022 | 13:11 WIB
Vaksinasi BINDA Sumbar
Vaksinasi BINDA Sumbar

HALUAN PADANG – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Sumatra Barat Hendra, kembali mengajak seluruh masyarakat yang belum divaksin untuk segera mendatangi gerai-gerai vaksin yang ada.

Program vaksinasi massal kata Hendra, tidak hanya salah satu upaya Pemerintah untuk mengakhiri pandemi Covid-19 termasuk menghindari penyebaran varian Omicron.

Namun juga, bagian dari cara Pemerintah untuk mengurangi tingkat resiko apabila masyarakat terinfeksi pandemi mematikan ini.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, BINDA Sumbar Terus Genjot Vaksinasi, Ribuan Anak-Anak dan Lansia Jadi Sasaran

Menurut Hendra, tingkat resiko yang dialami pasien terkonfirmasi positif Covid-19 apabila sudah menerima suntikan vaksin dosis pertama dan kedua, sangat rendah jika dibandingkan dengan pasien yang belum menerima suntikan vaksin.

“Vaksin ini, mengurangi tingkat resiko apabila terinfeksi. Sejak awal Covid-19, kita tahu resiko apabila terinfeksi yakni kematian. Nah, vaksin ini lah salah satu cara untuk mengurangi tingkat resiko itu,” kata Hendra usai meninjau program vaksinasi, Rabu 5 Januari 2022.

Hendra menjelaskan, merujuk data rilis Kementerian Kesehatan saat ini persentase capaian vaksinasi Sumatra Barat belum mencapai 70 persen.

Baca Juga: Vaksinasi Pertama, BINDA Sumbar Suntik Ribuan Anak Umur 6-11 Tahun di Sawalunto

Baru 68,47 persen untuk dosis pertama dan 43,43 persen untuk dosis kedua. Capaian ini rentan terhadap penyebaran varian Omicron yang saat ini sudah melanda ratusan negara.

Hendra menambahkan, untuk kategori kelompok lansia. Sampai hari ini baru 220,227 orang atau 44,98 persen penerima dosis pertama dan 116,543 orang atau 23,80 persen yang sudah di suntik dosis kedua.

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X