Capaian Vaksinasi Kota Padang Panjang Tertinggi di Sumbar, Daerah Lain Masih Terkendala

- Rabu, 29 Desember 2021 | 16:24 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Ilustrasi Vaksinasi

HALUAN PADANG - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah menargetkan capaian vaksinasi COVID-19 di seluruh wilayah Sumbar mencapai 70 persen hingga akhir 2021.

Angka itu, telah lama dicapai Kota Padang Panjang dan hingga saat ini masih berada pada posisi tertinggi dalam capaian vaksinasi.

Mahyeldi menyampaikan bahwa Pemprov bersama Forkopimda sudah menurunkan tim vaksinator guna meningkatkan vaksinasi.

Baca Juga: Jelang Tutup Tahun, BINDA Sumbar Terus Genjot Vaksinasi, Ribuan Anak-Anak dan Lansia Jadi Sasaran

"Ada 16 tim yang kita kirim ke kabupaten/kota untuk membantu kepala daerah masing-masing. Namun terdapat kendala ada beberapa daerah yang belum bisa memobilisasi masyarakat secara maksimal sesuai dengan yang kita harapkan," katanya.

Disampaikan dengan kondisi itu, kepala daerah diimbau untuk memobilisasi masyarakat di daerahnya. Sehingga akhir tahun ini, target minimal 70 persen sudah tercapai.

Bagi kabupaten/kota yang sudah melebihi target, Gubernur Sumbar berharap, bisa memperbantukan tenaga kesehatannya untuk memberikan dukungan dan back up ke daerah tetangga.

Baca Juga: Demi Meningkatkan Vaksinasi, Gubernur Sumbar Siapkan Hadiah Umrah

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada daerah yang telah berkerja maksimal dalam meningkatkan capaian vaksinasi ini.

"Pemprov bersama Forkopimda akan memberikan reward kepada lima desa, kelurahan atau nagari terbaik dalam peningkatan capaian vaksinasi sampai akhir tahun nanti, berupa hadiah umrah," katanya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Padang Panjang, Asrul yang mengikuti rapat ini di ruang VIP Balai Kota menyebutkan.

Baca Juga: Antisipasi Omicron, Kemenkes Buka Kemungkinan Percepat Vaksinasi Booster

Saat ini capaian vaksinasi di Kota Padang Panjang per 27 Desember ini untuk dosis pertama berada pada angka 111,74 persen. Sementara untuk dosis kedua, pada angka 74,65 persen.

"Alhamdulillah, capaian vaksin kita masih tetap yang tertinggi di Sumbar. Kita akan terus giatkan vaksinasi ini agar semua masyarakat mendapatkan kekebalan dari virus COVID-19,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Arry Yuswandi menyebutkan, capaian vaksinasi Sumbar secara umum 65,45 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua 40,59 persen.

"Ada 11 daerah yang capaian vaksinasinya di bawah rata-rata. Sisanya, delapan kabupaten/kota yang sudah mencapai target lebih dari 70 persen. Kita harus mengejar target 70 persen ini,” ucapnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X