Trending di Twitter, Ini Sejarah dan Penjelasan Soal Klitih

- Selasa, 28 Desember 2021 | 23:19 WIB
ilustrasi penyerangan (Haluan Creative - M Budiman)
ilustrasi penyerangan (Haluan Creative - M Budiman)

HALUAN PADANG - Kata klitih trending di Twitter pada Selasa (28/12). Kata itu berangkaian dengan tagar #yogyadaruratklitih yang juga menjadi trending topik di Indonesia.

Tagar dan istilah itu menjadi trending setelah seorang warga Yogya kena klitih, alias diserang orang tak dikenal saat mengendarai motornya.  Peristiwa itu ia bagikan dan mendapat perhatian luas dari pengguna Twitter lainnya.

Baca Juga: Gadis 14 Tahun Diculik, Disekap Selama Seminggu, dan Diperkosa Bergiliran, Pelaku Mencapai 20 Orang

Ini bukan kejadian pertama. Dari pemberitaan banyak media, aksi serangan acak terhadap orang-orang di Yogyakarta kerap terjadi. Korban sama sekali tidak memiliki masalah atau hubungan dengan si penyerang. Ia diserang begitu saja. Ada yang diserang ketika sedang makan di lesehan, ada juga yang diserang saat mengendarai motor. 

Namun apa sebetulnya klitih?

Dikutip dari Kompas, klitih awalnya tidak memiliki makna negatif seperti penyerangan atau penganiayaan. Dalam bahasa Jawa, klitih adalah bentuk kata ulang yaitu klitah-klitih yang bermakna jalan bolak-balik agak kebingungan.

Sementara Kumparan menyebut bahwa klitih juga merujuk pada kegiatan mencari barang-barang bekas di Parsar Klithikan Yogya. Kegiatan berkeliling pasar berburu barang-barang besar itu, kemudian disebut klithikan. 

Baca Juga: Ade Armando: Kebencian Orang Minang Pada Jokowi Tidak Berlandaskan Akal Sehat

Selain itu, klitih juga dimaknai sebagai kegiatan jalan-jalan santai atau cari angin.  

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X