Terus Bertambah, Kini Tercatat 46 Kasus Positif Omicron di Indonesia

- Minggu, 26 Desember 2021 | 21:12 WIB
Varian Omicron Covid 19
Varian Omicron Covid 19

HALUAN PADANG - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali menyatakan bertambahnya jumlah kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Saat ini, tercatat total 46 kasus setelah terkonfirmasinya 27 kasus baru hingga Sabtu (25/12). 

"Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen oleh Badan Litbangkes, kami kembali mengidentifikasi adanya tambahan kasus Omicron sebanyak 27 orang," terang Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidz dalam keterangan tertulis, Minggu (26/12).

Baca Juga: Perkenalkan! Bougainville, Calon Tetangga Baru Indonesia

"Saat ini sebagian besar telah menjalani karantina di Wisma Atlet dan sebagian lagi di RSPI Sulianti Saroso," lanjutnya.

Nadia juga menyaatakan bahwa sebagian besar kasus  baru tersebut adalah kasus impor. Sebanyak 25 kasus di antaranya adalah warga negara Indonesia yang baru pulang dari Malaysia, Kenya, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, Mesir, Malawi, Spanyol, Inggris, serta Turki.

Sementara satu kasus merupakan seorang warga negara asing asal Nigeria. Satu kasus lainnya merupakan tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Jakarta.

Baca Juga: Benarkah Muncul Varian Delmicron yang Ganas dan Mematikan? Cek Faktanya di Sini

Kasus-kasus varian Omicron terdeteksi setelah orang-orang tersebut diarantina selama 10 hari. Di antara yang terkonfirmasi positif Omicron, bahkan ada yang tidak menunjukkan terpapar Omicron setibanya di Indonesia.

"Beberapa kasus terdeteksi setelah mereka menjalani lebih dari tiga hari dalam masa karantina. Ini menunjukan karantina 10 hari adalah durasi yang tepat untuk mencegah pasien dengan Omicron menulari pihak lain di luar fasilitas karantina," ucap Nadia.

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X