Bantu Korban Semeru, ACT Sumbar Bangun Hunian Sementara untuk Pengungsi

- Kamis, 23 Desember 2021 | 17:55 WIB
Pengungsi Semeru
Pengungsi Semeru

HALUAN PADANG - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumbar bakal menyiapkan langkah selanjutnya dalam fase recovery, dengan bantuan Bupati Lumajang untuk pengungsi erupsi Semeru.

Hal itu diungkapkan oleh Head Of Marketing (HOM) ACT Sumbar, Lazwardi. Ia mengatakan salah satu upaya yang mereka lakukan dalam fase recovery adalah membangun hunian sementara.

ACT pun telah mendapatkan lahan seluas 10 Hektare atas bantuan dari Bupati Lumajang. Adapun dalam lingkungan hunian itu, ada juga beberapa fasilitas masyarakat.

"Kita akan bangun hunian sementara, sekolah sementara karena anak-anak tidak mungkin tidak masuk sekolah. Selanjutnya masjid sementara, fasilitas kesehatan dan fasilitas umum lainnya," katanya pada Haluan Padang.

Selain membangun hunian, pihaknya juga melakukan pengumpulan donasi. Ia menegaskan pihaknya bakal menampung semua bantuan dalam bentuk apapun.

"Tadi pagi kita kirim 1 ton Rendang ke Semeru, kemudian akan ada pula di tahap berikutnya. Bantuan itu dikirim via jalur darat," sebut dia.

Di sisi lain hingga hari ini terhitung sebanyak 61 jiwa korban meninggal akibat bencana erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Lazwardi mengatakan, sesuai data sentral relawan ACT yang berada di lokasi, tercatat sebanyak 10 ribu orang berada dalam pengungsian karena masih adanya erupsi susulan yang tidak terprediksi.

"Terakhir kita memperoleh laporan, terhitung 61 jiwa yang meninggal dunia, 2 ribu lebih dalam kondisi rawat jalan, artinya rumah sakit dan fasilitas kesehatan di sana sudah penuh, 82 orang luka ringan dan 36 orang lainnya masih hilang dan dalam pencarian," pungkasnya kemudian.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X