1,5 Ton Rendang Bantuan Erupsi Semeru dari Sumbar Sampai di Posko Pengungsian

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:10 WIB
Kiriman 1,5 Ton Rendang Tiba di Posko Pengungsian Korban Gunung Semeru
Kiriman 1,5 Ton Rendang Tiba di Posko Pengungsian Korban Gunung Semeru

HALUAN PADANG - Masyarakat berserta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar telah mengirim bantuan 1,5 ton Rendang untuk korban erupsi Gunung Semeru, pada pekan lalu, Senin (13/12)

Setelah menempuh perjalanan darat yang cukup panjang, masakan khas Minangkabau yang dimasak oleh para Bundo Kanduang itu akhirnya sampai di posko pengungsian di Lumajang, Jawa Timur, Kamis (16/12)

"Amanah sumbangan dari masyarakat Sumatera Barat telah kami salurkan ke saudara-saudara kita di Lumajang," imbuh plt Kalaksa BPBD Sumbar, Mulyadi, Sabtu (18/12)

Hal itu dibenarkan oleh staf BPBD Sumbar, Surung Martua Sinaga, bahwa 1,5 ton rendang itu diserahkan ke posko utama yang diterima pihak BPBD Kabupaten Lumajang.

"Bantuan ini akan kami salurkan kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru sesegera mungkin," ungkap Hasanudin, Kasi Logistik BPBD Lumajang, Jawa Timur.

Lebih lanjut, Surung menyebut, rendang itu dibawa ke posko Dapur Umum Tagana yang diterima langsung oleh pihak Dinas Sosial Jawa Timur serta Forkopimda lainnya.

"Kami haturkan terima kasih banyak atas kebaikan hati dalam bentuk sumbangan Rendang dari masyarakat Minang," kata Nira, Dinas Sosial Jawa Timur.

Sebelum bantuan dalam bentuk rendang 1,5 ton dikirimkan, sumbangan dihimpun melalui Sumbar Peduli Sesama, yakni sumbangan masyarakat, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Pengantaran 1,5 ton rendang ini juga diikuti oleh plt Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sumbar, Indraveri, Kasubag Umum dan Kepegawaian BPBD Sumbar, Ade Imansyah, dan Hendri staf BPBD Sumbar.

Diketahui, pengumpulan randang ini melanjuti Surat Keputusan Bupati Lumajang Nomor: 188.45/525/427.12/2021 tanggal 4 Desember 2021 tentang Status Darurat Bencana Dampak Awan Panas Guguran lava Gunung Semeru, Jatim. (*)

Halaman:

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X