Aktivitas Terus Meningkat, Status Gunung Semeru Naik Jadi Siaga

- Jumat, 17 Desember 2021 | 10:16 WIB
Badan Geologi meningkatkan status Gunung Semeru dari waspada menjadi siaga setelah mencatat peningkatan aktivitas. (ist)
Badan Geologi meningkatkan status Gunung Semeru dari waspada menjadi siaga setelah mencatat peningkatan aktivitas. (ist)


Haluan Padang - Badan geologi mencatat peningkatan aktivitas dan guguran awan panas di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur beberapa hari terakhir. Status gunung yang dikenal sebagai puncak Mahameru ini pun ditingkatkan dari Waspada menjadi Siaga pada Kamis (16/12/2021) malam

"Badan Geologi menyatakan tingkat aktivitas Gunung Api Semeru dinaikkan dari level WASPADA (Level II) menjadi SIAGA (Level III)," ujar Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono dalam keterangannya, Jumat (17/12/2021) pagi yang dikutip dari detik.com.

Berdasarkan keterangan dari Badan Geologi, pada hari Kamis (16/12), terjadi luncuran awan panas sebanyak tiga kali yakni pada pukul 09.01 WIB dengan jarak luncuran sejauh 4,5 KM dari puncak. Kemudian pukul 09.30 WIB dan pukul 15.42 WIB.

"Kegempaan didominasi oleh leutas, hembusan dan guguran dengan jumlah gempa guguran meningkat dalam tiga hari terakhir sebanyak 15-73 kejadian per hari dari rata-rata 8 kejadian per hari sejak tanggal 1 Desember 2021. Gempa vulkanik dalam dan tremor harmonik terjadi dalam jumlah yang tidak signifikan," ujar Eko.

Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Api Semeru. "Didukung data dari BMKG diperkirakan musim hujan masih akan berlangsung selama 3 bulan ke depan," katanya.

"Secondary explosion juga berpotensi terjadi di sepanjang aliran sungai apabila luncuran awan panas yang terjadi masuk/kontak dengan air sungai," ujar Eko. (*)

Editor: Hajravif Angga

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X