Persiapan Liburan, Begini Aturan Perjalanan di Bandara BIM Selama Nataru

- Kamis, 16 Desember 2021 | 15:09 WIB
Suasana BIM (HALUAN PADANG | Tio Furqan)
Suasana BIM (HALUAN PADANG | Tio Furqan)

HALUAN PADANG - Pihak Bandara Internasional Minangkabau (BIM) bersama instansi terkait menggelar apel pembukaan posko pengendalian Natal dan tahun baru, Kamis (16/12).

Kepala Otoritas Bandara (Otband) Wilayah VI Padang, Agoes Soebagio mengatakan, secara operasional semua instansi yang terlibat menyatakan siap untuk memastikan posko pengandalian Natal dan tahun baru berjalan lancar.

"Hari ini kita telah menggelar apel terpadu, sebelumnya kita selaku regulator juga sudah melakukan pengawasan pra Nataru, yaitu memeriksa semua fasilitas, peralatan, SDM dan prosedur dari tanggal 6 Desember hingga 9 Desember, dan hasilnya dinyatakan siap dan layak," ucap Agoes.

Tahapan berikutnya, lanjutnya, yaitu pengamanan Nataru dari tanggal 17 Desember hingga 4 Januari.

Baca Juga: Perhatian! Warga yang Belum Vaksinasi Tidak Boleh Masuk Objek Wisata Pariaman Selama Nataru

Untuk syarat penerbangan sendiri dikatakan Agoes, pihak Bandara akan tetap mengetatkan protokol kesehatan meskipun tidak ada pembatasan masyarakat dalam melakukan penerbangan.

"Syaratnya yaitu sudah divaksin, sudah diperiksa PCR 3x24 jam atau antigen 1x24 jam dan yang paling penting itu sudah terintegritas dengan aplikasi PeduliLindungi, jadi kami minta kepada masyarakat untuk memenuhi persyaratan tersebut atau rencana penerbangan teriject secara otomatis. Disini kami juga menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan", tambahnya.

Sementara, Executive General Manager PT Angkasa Pura II BIM, Siswanto menambahkan, ada ketentuan yang berlaku selama masa Nataru, yaitu orang yang tidak bisa melakukan vaksin (komorbid) tidak diperkenankan untuk melakukan penerbangan.

"Karena syaratnya sudah jelas seperti yang disampaikan tadi, namun itu hanya berlaku selama masa Nataru saja dari tanggal 24 Desember hingga 4 Januari", katanya.

Baca Juga: Kabar Gembira! Pemko Padang Putuskan Semua Objek Wisata Tetap Buka Selama Liburan Tahun Baru

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

X