Akibat Antusias Masyarakat, Menko Airlangga Lanjutkan Program Kartu Prakerja Tahun 2022

- Kamis, 16 Desember 2021 | 14:49 WIB
kartu prakerja
kartu prakerja

HALUAN PADANG - Program Kartu Prakerja yang resmi diluncurkan sejak tahun 2020 dan terus berlanjut di tahun 2021 merupakan sebuah bukti dukungan pemeritah terhadap masyarakat dalam menghadapi tantangan demi tantangan di masa pandemi covid-19.

Tidak hanya memberikan pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), melalui program itu juga pemerintah memberikan insentif untuk menunjang kebermanfanfaatan skill yang telah didiapat oleh para penerima.

Pada tahun 2021, Program kartu prakerja telah memberikan manfaat kepada 5.931.574 penerima yang berasal dari 34 provinsi dan 514 kabupaten/kota. Dipenhujung tahun 2021, maka pada hari Rabu (15/12) lalu program kartu prakerja resmi ditutup.

“Pada malam hari ini pukul 23.59 WIB pendaftaran peserta baru akan ditutup untuk sementara. Saya mengucapkan sampai jumpa di Program Kartu Prakerja tahun 2022,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Cipta Kerja Airlangga Hartarto.

Baca Juga: Dashboard Kartu Prakerja Ditutup Sementara Tanggal 15 Desember 2021, Tidak Usah Panik!

Meskipun Kartu prakerja di tahun 2021 telah resmi ditutup, Program Kartu Prakerja akan kembali dibuka di tahun 2022.

Pemerintah melakukan hal ini berdasarkan pada berbagai pertimbangan, utamanya adalah antusiasme masyarakat dan dampak positif yang dirasakan langsung oleh masyarakat yang terbukti melalui hasil kajian bebergai survei lembaga independen.

Lebih lanjut, Bank Dunia beberapa waktu lalu juga mengakui Program Kartu Prakerja sebagai program perlindungan sosial yang ideal.

Secara sistem, Program yang telah memberikan pelatihan dan insentif kepada 11,4 juta orang selama 20 bulan tersebut juga diakui oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai best practice untuk dijadikan contoh bagi program-program lainnya.

Baca Juga: Insentif Kartu Prakerja Bakal Dilanjutkan Lagi, Cek Jadwal Penyalurannya Disini!

Halaman:

Editor: Muhammad Daffa De Benny Putra

Tags

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X