Naik, Berikut Daftar Harga Bahan Pokok di Pasar Raya Padang Jelang Libur Nataru

- Rabu, 15 Desember 2021 | 16:42 WIB
Pedagang Sembako di Pasar Raya Padang
Pedagang Sembako di Pasar Raya Padang

HALUAN PADANG - Jelang libur Natal dan Tahun Baru, beberapa harga bahan pokok di pasar Raya Padang terpantau mengalami kenaikan, antara lain pada minyak curah, tepung terigu, telur, cabai, bawang merah, hingga ikan.

Kenaikan harga minyak curah dan tepung terigu dibenarkan oleh Mustafa Kamal, pedagang sembako di Pasar Raya.

"Minyak curah naik dari Rp14 ribu per kg jadi Rp18,5 ribu per kg sejak sebulan terakhir," jelas Mustafa Kamal ketika ditemui Haluan Padang, Rabu (15/12).

Baca Juga: Perhatian! Warga yang Belum Vaksinasi Tidak Boleh Masuk Objek Wisata Pariaman Selama Nataru

Sedangkan tepung terigu yang ia jual mengalami kenaikan dari Rp7 ribu per kg jadi Rp8 ribu per kg.

Menurutnya, kenaikan harga lazim terjadi jelang libur Natal dan Tahun Baru. "Kebutuhan akan minyak sedang meningkat sekarang," imbuh dia.

Kenaikan harga juga tampak pada bawang merah.

Baca Juga: Hore! Karyawan Swasta Diperbolehkan Cuti Nataru, Ini Syarat yang Harus Dipenuhi

"Sekarang harga bawang mewah super 1 kg Rp24 ribu, yang kasar/biasa Rp20 ribu, yang menengah sekitar Rp16 ribu atau Rp18 ribu. Paling kecil Rp10 ribu," ujar Ihsan Cania, pedagang lainnya.

Menurutnya, kenaikan harga tersebut sekitar 40% dari harga pada 10 hari sebelumnya.

"Kalau orang mengirim barang dari Alahan Panjang, Medan, dan Jambi, naik harga barang. Namun kalau tidak ada yang mengirim dari atas, harga turun," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Liburan Nataru, BPOM Padang Minta Warga Tak Terjebak Diskon, Ini Alasannya

Telur juga menunjukkan kenaikan harga

"Harga telur ayam beras pada minggu kemarin satu papan Rp40 ribu, sekarang mencapai Rp42 ribu. Telur bebek naik dari Rp65 ribu jadi Rp70 ribu. Sementara itu ayam kampung harganya tetap, sekitar Rp45 ribu," tutur Dewi, pedagang telur.

Kemudian, kenaikan harga tampak pada cabai.

"Sekilo cabai Rp34 ribu sebelumnya Rp36 ribu. Karena cabai dari daerah darek (Agam, Tanah Datar, 50 Kota, red.) banyak masuk, dari Pulau Jawa tidak ada," ucap Effendi, pedagang cabai di lapak miliknya.

Faktor cuaca juga terpantau mengalami kenaikan harga bahan pokok, yakni ikan. Hal tersebut dikonfirmasi Masril yang berjualan berbagai jenis ikan di Pasar Raya.

"Karena kondisi cuaca sekarang, ikan tandeman, sisiak (tuna, red.), dan ambu-ambu (tongkol, red.) naik harganya. Ambu-ambu biasanya Rp17 ribu. Sekarang naik jadi Rp30 ribu hingga Rp35 ribu," pungkasnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X