Jelang Liburan Nataru, BPOM Padang Minta Warga Tak Terjebak Diskon, Ini Alasannya

- Senin, 13 Desember 2021 | 13:59 WIB
Sidak makanan di salah satu supermarket di Padang (HALUAN PADANG | Tio Furqan)
Sidak makanan di salah satu supermarket di Padang (HALUAN PADANG | Tio Furqan)

HALUAN PADANG - Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Padang melakukan sidak makanan dan minuman di sejumlah tempat di kota Padang dalam rangka menyambut Natal dan tahun baru, Senin (13/12).

Dalam hal ini, BPOM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Disperindag Provinsi serta Disperindag kota Padang. Untuk hari ini ada 3 tim yang bergerak di 3 lokasi yang berbeda di kota Padang.

"Dua minggu lalu kita sudah memasuki semua daerah, termasuk Mentawai, kami temukan rata-rata pada tahun ini pangan yang ada di Sumatera Barat relatif aman, hanya ada satu atau dua yang ditemui kadaluarsa, itupun baru kadaluarsa 1 atau 2 hari, mungkin faktor ketidakcermatan saja", ujar Ahli Madya BPPOM Padang Antoni Asdi.

Ia mengatakan meskipun aman, masyarakat diminta tetap teliti ketika berbelanja.

"Kita tidak menginginkan pada Natal dan tahun baru nanti ada masyarakat yang keracunan atau kurang sehat setelah mengkonsumsi makanan, ini yang kita antisipasi", ucapnya.

Selain itu ia mengingatkan kepada pelaku usaha agar selalu melakukan pengecekan terhadap makanan yang dijual.

"Terutama juga terhadap pangan yang dijual dengan harga diskon, kami juga sampaikan kepada pengelola silakan adakan diskon karena itu juga bisa meringankan masyarakat, namun harus diingat bahwa tidak boleh ada  pangan yang kadaluarsa atau rusak diberikan diskon agar laku. Alhamdulillah hingga saat ini belum ditemukan hal yang seperti itu", tambahnya.

"Untuk produk yang kadaluarsa langsung kita amankan disini, bisa dilakukan pemusnahan ditempat atau dikembalikan ke distributor, jadi produk tersebut tidak bisa digunakan lagi dan diganti dengan produk yang baru", tuturnya.

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Terkini

X