Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Tertibkan TPS Liar di Gurun Laweh

- Jumat, 10 Desember 2021 | 12:19 WIB
DLH Kota Padang enutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liat di Kelurahan Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo/ foto: Humas Pemko Padang
DLH Kota Padang enutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liat di Kelurahan Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo/ foto: Humas Pemko Padang

HALUAN PADANG- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liat di Kelurahan Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo, Kamis (9/12).

Kasi Penegakan Hukum DLH Kota Padang, Fuad Sukri mengatakan sangat menyayangkan keberadaan TPS liar tersebut karena mengganggu.

“TPS ini baru ada sekitar 3 bulan yang lalu karena TPS liar sebelumya yang berada lebih 1 km dari lokasi tersebut telah ditertibkan,” kata Fuad.

Selain dibersihkan, di lokasi TPS liar tersebut juga dipasang tanda larangan dan informasi lokasi TPS resmi yang tersedia.

Fuad berharap pihak kelurahan bisa mendorong peran aktif masyarakat dalam menangani pengangkutan sampah dari wilayah permukiman (sumber sampah) ke TPS resmi terdekat.

Hal ini sesuai pasal 23 ayat (2) Perda No. 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah yang berbunyi bahwa Pemerintah Daerah dalam melakukan pengangkutan sampah, menyediakan alat angkut sampah termasuk untuk sampah terpilah yg tdk mencemari lingkungan. Melakukan pengangkutan sampah dari TPS, TPS 3 R dan/atau TPST ke TPA.

Adapun dalam kasus ini, DLH telah menghibahkan becak motor pengangkut sampah ke lembaga pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Dengan begitu, perlu peran lurah untuk menginformasikan kepada masyarakat untuk menggunakan jasa becak motor tersebut untuk mengangkut sampah dari rumah masyarakat ke TPS resmi terdekat di mana operasionalnya dengan swadaya masyarakat.

“Dengan, peran aktif tersebut diharapkan tidak ada lagi TPS liar yang timbul," tegasnya.

Di samping itu, DLH selalu berupaya menginformasikan lokasi TPS resmi melalui media sosial yaitu Facebook: Dlh Padang, Instagram @dlh_padang, WhatsApp 0811661860. Lalu Googlemap dengan kata kunci titik container dan papan informasi.

Halaman:

Editor: Nuraini

Sumber: Pemerintah Kota Padang

Tags

Terkini

X