6 Ton Rendang dari Sumbar Bakal Dikirim untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

- Rabu, 8 Desember 2021 | 09:53 WIB
Ilustri Rendang daging (pinterest.com)
Ilustri Rendang daging (pinterest.com)

HALUAN PADANG- 6 ton rendang dari Sumatera Barat bakal dikirim untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru. 1 ton rendang disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, sedang 5 ton lainnya tengah digalang oleh masyarakat dan sejumlah organisasi.

Seperti diberikan Harian Haluan, untuk mendapatkan 1 ton rendang seluruh ASN, Dharmawanita Persatuan dan TP PKK Kabupaten Dharmasraya akan dikerahkan memasak rendang secara massal, pagi ini (08/12) di Halaman IKM Centra Logam Kabupaten Dharmasraya, Jalan Lintas Sumatera Gunung Medan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, menerangkan pihaknya mewajibkan seluruh OPD memasak minimal 30 kg daging sapi segar, dimasak kering, dan dipacking rapi masing-masing seberat 250 gram. Dengan demikian ada 4000 paket rendang siap santap yang akan di kirim ke lokasi-lokasi pengungsian warga terdampak erupsi.

Sementar untuk kebutuhan daging, Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya menyiapkan beberapa ekor sapi, yang didahului pemotongan di Nagari Sungai Rumbai pada pagi Rabu (08/12).


5 ton rendang juga tengah disiapkan oleh lembaga penyalur bantuan dan beberapa organisasi seperti Gebu Minang Sumbar, PPM Sumbar bersama wanita Koperasi IKA Boga Kota Padang.

Dikutip dari TvOne.News, Fauzi Bahar, inisiator penggalangan 5 ton rendang itu juga mengajak masyarakat Sumbar lainnya untuk berdonasi melalui rekening donasi ACT Sumbar di VA BNI 8660291020040237. Donasi dibuka selama tiga minggu ke depan.

Setiap bantuan yang dikirim ke rekening tersebut akan digunakan untuk membeli randang untuk dikirimkan ke Lumajang dan Malang.

Sejauh ini setidaknya terdapat sekitar 5 ribu lebih warga terdampak erupsi Gunung Semeru. 3 ribu di antaranya harus mengungsi ke puluhan titik pengungsian. (*)

 

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Terkini

X