Jumlah Pengungsi Erupsi Semeru Sudah 1.300 Orang, 5 Ribu Jiwa Terdampak

- Senin, 6 Desember 2021 | 09:15 WIB
Dampak erupsi Gunung Semeru
Dampak erupsi Gunung Semeru

HALUAN PADANG - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan update terakhir dari kondisi letusan Semeru">Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Menurut BNPB, jumlah masyarakat yang terdampak dari erupsi Semeru">Gunung Semeru satu hari setelah letusan mencapai 5.205 jiwa.

Itu belum diikuti oleh 1.300 orang lainnya yang terpaksa mengungsi setelah letusan terjadi.

Baca Juga: Meski Diguyur Hujan Deras, Risma Nekat Jalan Kaki Bagikan Bantuan untuk Korban Erupsi Semeru

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan jumlah warga yang mengungsi ini bertambah dari data sebelumnya sebanyak 902 orang.

"Dari jumlah tersebut masih ada sembilan jiwa yang masih dalam proses pencarian, status korban apakah hilang atau sudah meninggal dunia," tuturnya menjelaskan.

Selain itu, Abdu juga menyampaikan data lainnya dari para korban erupsi Semeru">Gunung Semeru ini.

Baca Juga: Tangani Dampak Erupsi Semeru, Polri Gelar Operasi Kemanusiaan Aman Nusa II

Menurut Abdu, korban luka berat yang di RS Haryoto saat ini berjumlah 8 orang. Korban luka berat juga ada yang dirawat di RSUD Pasirian sebanyak 16 orang, RS Bhayangkara 3 orang, Puskesmas Penanggal 8 orang.

"Sehingga dengan total korban luka berat ada 35 orang," kata Abdu kembali.

Abdu melanjutkan, adapun untuk luka ringan berjumlah 21 orang. Sehingga total korban luka berjumlah 56 orang. Diketahui, angka ini berkurang dari rilis siang hari kemarin yang jumlah 69 orang.

"Pak Kepala BNPB memerintahkan harus terbentuk 1 posko terpadu sehingga bisa terkoordinasi dan data bisa terkonsolidasi," ucapnya menjelaskan.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X