Sumbar Tidak Puas dengan Kinerja Jokowi!

- Minggu, 5 Desember 2021 | 20:28 WIB
Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo

HALUAN PADANG - Provinsi Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang paling tidak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. Hal demikian diketahui dari hasil survei Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia.

Survei tersebut digelar pada periode 2-6 November 2021 melibatkan 2.020 responden berusia di atas 17 tahun dengan rincian sampel basis 1.220 orang dan oversample 800 responden.

Kemudian ukuran sampel basis memiliki toleransi kesalahan sekitar ± 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Survei dirilis pada 5 Desember 2021.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dari jumlah tersebut 72 persen diantaranya mengaku puas dengan kinerja orang nomor 1 di tanah air itu.

Baca Juga: Survei Terbaru SMRC: 63% Etnis Minang Tidak Puas Terhadap Kinerja Jokowi-Ma'aruf

Ia menjelaskan tingkat kepuasan Jokowi mengalami peningkatan signifikan dibandingkan hasil survei pada Juli 2021.

Saat itu, tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden hanya 59 persen menjadi yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Baca Juga: Kritisi Tujuh Tahun Kepemimpinan Jokowi, BEM SI Unjuk Rasa ke Istana, Jokowi Terbang ke Kalsel

"Dalam waktu 2-3 bulan naik 13 persen. Ini approval rating sekarang adalah kenaikan tertinggi selama pandemi 2 tahun terakhir," katanya.

Sementara itu ada dua faktor yang menyebabkan tren kepuasan kinerja Presiden mengalami peningkatan. Pertama, adalah kepuasan terhadap peningkatan ekonomi. Kedua kepuasan terhadap penanganan COVID-19.

"Overall dua hal ini yang sebabkan kepuasan terhadap Presiden meningkat, yaitu perbaikan persepsi di bidang ekonomi dan penanganan COVID-19," terangnya.

Khusus untuk Sumbar, ketidakpuasan responden dari daerah itu mencapai 70,7% dan Aceh sebanyak 63,5%. Hanya dua provinsi itu yang menyatakan tidak puas.

"Provinsi yang paling tidak puas terhadap kinerja Presiden adalah Sumbar kemudian Aceh. di luar itu, Babel sangat puas, Jambi sangat puas, Jateng, DIY sangat puas," imbuhnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahun 2022, Pemerintah Tiadakan Lowongan CPNS

Rabu, 19 Januari 2022 | 13:52 WIB
X