Erupsi Semeru, Jokowi Perintahkan Anak Buahnya Segera Lakukan Langkah Darurat

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:54 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi

HALUAN PADANG - Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera melakukan langkah tanggap darurat.

Jokowi mengatakan langkah tersebut dilakukan di wilayah terdampak bencana alam meletusnya Semeru">Gunung Semeru di Jawa Timur (Jatim) beberapa saat yang lalu.

"Saya memerintahkan kepada Kepala BNPB, Basarnas, menteri terkait, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur, dan Bupati untuk melakukan langkah tanggap darurat selekas mungkin di lokasi bencana," katanya yang dikutip dari akun resmi media sosial Twitter @jokowi pada Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman Pasca Erupsi Gunung Semeru

Menurut Presiden, langkah darurat dilakukan untuk memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak dari musibah bencana alam tersebut. Dengan begitu, dapat meminimalisir dampak dari musibah yang terjadi beberapa waktu lalu.

Bantuan yang dimaksud adalah memberikan berbagai pelayanan dari mulai pencarian korban hingga penanganan bencana alam yang dilakukan.

Baca Juga: [UPDATE] Korban Gunung Semeru Hingga Minggu Malam, 14 Orang Meninggal Dunia

"Mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada yang luka-luka, dan melakukan penanganan dampak bencana. Bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logistik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur harus dapat diselesaikan dalam waktu singkat," kata Presiden.

Atas kejadian ini, Presiden Joko Widodo mengucapkan turut berduka cita yang sangat mendalam pada peristiwa bencana alam ini. Secara khusus, dirinya juga mendoakan Tuhan Maha Kuasa, agar senantiasa memberikan perlindungan kepada seluruh masyarakat dari bencana alam.

"Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia, saya juga menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas korban yang meninggal dan luka-luka," pungkasnya.(*)

Editor: Erlangga Aditya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X