Update Bencana Erupsi Semeru: Jumlah Korban Meninggal Dunia Bertambah Jadi 13 Orang

- Minggu, 5 Desember 2021 | 11:29 WIB
Tim SAR Gabungan saat sedang mencari Poniyem, warga Pronojiwo yang hilang pasca bencana erupsi Gunung Semeru (dok.Basarnas)
Tim SAR Gabungan saat sedang mencari Poniyem, warga Pronojiwo yang hilang pasca bencana erupsi Gunung Semeru (dok.Basarnas)

HALUANPADANG - Hingga pukul 9.20 WIB, Minggu, 5 Desember 2021, dilaporkan Erupsi Gunung Semeru menewaskan setidaknya 13 warga. Jumlah ini bertambah dari perkiraan sebelumnya yang menyebut 2 korban meninggal dunia.

Dikutip dari Pikiran Rakyat, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan, dari ke-13 korban, dua orang berhasil diidentifikasi.

Dua orang ini merupakan warga yang berasal dari Curah Kobokan dan Kubuan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Kedua warga yang berhasil diidentifikasi ini langsung dirujuk ke RSUD Haryoto dan RS Bhayangkara.

Baca Juga: Selain Semeru, Berikut Ini 13 Gunung Berapi Aktif di Indonesia yang Berstatus Waspada dan Siaga

Sedangkan 41 orang yang mengalami luka-luka, khususnya luka bakar, telah mendapatkan penanganan awal di Puskesmas Penanggal.

Sementara itu, warga luka lainnya ditangani di beberapa fasilitas kesehatan, yaitu 40 orang dirawat di Puskesmas Pasirian, 7 orang di Puskesmas Candipuro, serta 10 orang lain di Puskesmas Penanggal di antaranya terdapat dua orang ibu hamil.

Tim gabungan juga berhasil melakukan evakuasi warga yang tadi malam dilaporkan Wakil Bupati Lumajang terjebak di kantor pemilik tambang.

Baca Juga: Detik-Detik Mencekam Erupsi Gunung Semeru yang Bikin Langit di Lumajang Mendadak Gelap

Halaman:

Editor: Randi Reimena

Sumber: Pikiran Rakyat

Artikel Terkait

Terkini

Bkkbn Audit Kasus Stunting di Pariaman

Kamis, 4 Agustus 2022 | 19:21 WIB
X